Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 5, No 2 (2016): Februari 2016

PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES DENGAN PENDEKATAN INKUIRI PADA PEMBELAJARAN IPA DI KELAS V SD

Ikhsan, Muhammad (Unknown)
Djuzairoh, Siti (Unknown)
., Syamsiati (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2016

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat peningkatan keterampilan proses peserta didik di kelas VB  SDN 29 Pontianak Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah  metode deskriptif dengan bentuk PTK dan dilakukan secara kolaboratif. Tempat penelitian di SDN 29 Pontianak Utara. Subjek penelitian yaitu guru kelas VB, dan peserta didik yang berjumlah 30 orang. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu teknik observasi langsung. Alat pengumpul data berupa lembar observasi untuk guru dan peserta didik. Data kemudian dikumpulkan dan dianalisis dengan perhitungan persentase dan rata-rata kelas. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus, berdasarkan hasil perhitungan dengan persentase dan rata-rata kelas dari semua siklus secara berturut-turut yaitu 62,50% pada siklus pertama menjadi 84,31% atau meningkat sebesar 21,81%. Ini berarti terdapat peningkatan keterampilan proses peserta didik dengan menggunakan pendekatan inkuiri pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam kelas VB SDN  29 Pontianak Utara. Kata Kunci: Keterampilan Proses, Pendekatan Inkuiri, IPA Abstract: This study aims to see improved process skills of students in the class VB State Elementary School 29 North Pontianak. The method used is descriptive method and form of classroom action research is done collaboratively. Place of research at State Elementary School 29 North Pontianak. Subject of research that VB classroom teachers, and learners who numbered 30 people. Techniques used in data collection are direct obserVBtion techniques. Data collector in the form of observation sheets for teachers and learners. Data were collected and analyzed by calculating the percentage and average grade. This study was done 2 cycles, based on calculations by the percentage and the average grade of all cycles in a row, namely 62.50% in the first cycle becomes 84.31%, an increase of 21.81%. This means there is an increased process skills of students using inquiry approach to learning Natural Sciences class VB State Elementary School 29 North           Pontianak. Keywords: Process Skills, Inquiry Approach, Natural Sciences

Copyrights © 2016