Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 7 (2013): Juli 2013

PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI PENERAPAN METODE PENUGASAN PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

F34210017, Djulaekah (Unknown)
., Abdussamad (Unknown)
Kresnadi, Hery (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2013

Abstract

Abstrak: Pembelajaran di sekolah dasar, khususnya pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), guru masih menemukan masalah yakni rendahnya aktivitas dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode penugasan untuk meningkatkan aktivitas belajar pada pembelajaran IPA materi Menerapkan Konsep Energi Gerak siswa kelas III MIS Al-Hasyimi Benua Kayong. Penelitian ini menggunakan metode metode deskriptif yang di fokuskan pada proses pembelajaran di kelas. Bentuk penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III MIS Al-Hasyimi Benua Kayong yang berjumlah 15 siswa, yang terdiri dari 9 siswa perempuan dan 6 siswa laki-laki dan guru sebagai peneliti yang melaksanakan pembelajaran. Hasil penelitian ini yaitu (1) Penerapan metode penugasan dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas fisik siswa, yaitu siklus I 66,67% siklus II 86,67%). (2) Penerapan metode penugasan dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas mental siswa siklus I48,87%, siklus II 75,53%. (3) Penerapan metode penugasan dalam pembelajaran dapat meningkatkan aktivitas emosional siswa siklus I62,2% siklus II 88,87%. Kata Kunci: Aktivitas Siswa, Metode Penugasan, Pembelajaran IPA Abstract: Learning in primary schools, especially in the teaching of Natural Science (IPA), teachers still find a problem that is low activity in learning. The purpose of this study to describe the application of the method of assignment to improve science teaching and learning activities in the Energy Concept Motion Applying material grade III MIS Al-Hasyimi Kayong continent. This study uses a descriptive method focused on the learning process in the classroom. This research forms the classroom action research (CAR) or Classroom Action Research. The subjects were students of class III MIS Al-Hasyimi Kayong continent totaling 15 students, which consisted of 9 girls and 6 boys and teachers as researchers who implement the learning. The results of this study are (1) Application of the method of assignment of learning can increase students' physical activity, which is the cycle I 66.67% 86.67% second cycle). (2) The application of the method of assignment of learning can improve students' mental activity I48 cycle, 87%, 75.53% second cycle. (3) The application of the method of assignment of learning can improve students' emotional activity cycle I62, 2% cycle II 88.87%. Keywords: Student Activities, Assignment Methods, Learning IPA

Copyrights © 2013