Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 7 (2013): Juli 2013

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF DI SMP NEGERI I BALAI

Hastuti, Tri (Unknown)
-, Zubaidah (Unknown)
Riyanti, Sri (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jul 2013

Abstract

Abstrak: Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Di SMP Negeri I Balai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa SMP Negeri I Balai pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode penelitian yang digunakan adalah metode demontrasi atau peragaan dengan bentuk penelitiannya adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menerapkan pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga.Sampel penelitian ini adalah 32 siswa.Berdasarkan hasil analisis data menunjukan bahwa ketuntasan belajar siswa pada siklus I 59,4% dan pada siklus II 81,3%. Hal ini menunjukkan dengan model pembelajaran kooperatif berbantuan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Sedangkan motivasi belajar siswa tergolong tinggi. Kata Kunci: Pembelajaran kooperatif, Alat peraga, Motivasi belajar. Abstract : the increasing motivation and mathematic result study of students pass through cooperative learning\. The aim of this research is to know the increasing motivation and mathematic result study of students junior high school (JHS) 1, balai subdistrict in space model curve side lesson. The method of the research was demonstration or visual display methods with research form class action research with apply cooperative learning by visual aid equipment. Research sample is 32 students. Base on data result analysis showed that completeness learnj9ing in the first and second cycle is 59,4% and 81,3 %, respectively. It is showed that cooperative learning model by visual aid equipment can be increasing mathematic result study and classification of students motivation are high Key words : cooperative learning, visual aid equipment, study motivation

Copyrights © 2013