Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 7 (2013): Juli 2013

PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI PENDEKATAN INQUIRY PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM TENTANG GERAK BENDA KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 13 MEMPAWAH TIMUR KABUPATEN PONTIANAK

Hasan, Rosnah (Unknown)
., Fauziah (Unknown)
AH, Maridjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Jul 2013

Abstract

Abstrak : Penggunaan pendekatan inquiry diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa dalam proses belajar mengajar sehingga motivasi itu tidak terjadi kejenuhan, dengan demikian siswa akan terlibat secara fisik, emosional dan intelektual yang pada gilirannya diharapkan konsep perubahan pada pembelajaran yang diajarkan oleh guru dapat dipahami oleh siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuaitatif dengan rancangan penelitian ini akan dilakukan sebanyak dua putaran. Rancangan penelitian meliputi studi pendahuluan, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Studi pendahuluan dilakukan observasi awal di kelas III SDN 13 Mempawah Timur untuk memperoleh refleksi awal. Tahap perencanaan dilaksanakan dengan merancang prosedur tindakan, dan menentukan bentuk pengamatan tindakan. Tahap pelaksanaan dilakukan kolaboratif antara peneliti dan guru. Refleksi dilakukan pada setiap akhir pembelajaran dan pertemuan pada setiap siklus. Kata Kunci : Motivasi, Pendekatan Inquiry, IPA. Abstract: The use of inquiry approach is expected to enhance students' motivation in the learning process so that the motivation was not the case of saturation, thus students will be involved physically, emotionally and intellectually, which in turn is expected to change the learning concepts taught by teachers can be understood by students. This study uses kuaitatif approach to the design of this study will be conducted by two rounds. The study design includes preliminary studies, planning, action, observation and reflection. Preliminary studies conducted preliminary observations in class III Mempawah SDN 13 East to obtain early reflections. Planning stage measures implemented by designing procedures, and determine the form of action observation. Implementation phase is done collaboratively between researchers and teachers. Reflection is done at the end of each lesson and meeting at each cycle. Keywords: Motivation, Inquiry Approach, IPA.

Copyrights © 2013