Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 2 (2013): Februari 2013

PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN METODE BERCERITA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SEMITAU

Anggraini, Ratna (Unknown)
., Martono (Unknown)
Seli, Sesilia (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2013

Abstract

Judul penelitian ini adalah Meningkatkan Keterampilan Berbicara Menggunakan Metode Bercerita Pada Siswa SMP Negeri 2 Semitau. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan upaya guru meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada materi kegiatan bercerita. Metode penelitian yang digunakan adalah bercerita dengan bentuk penelitian tindakan kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VII. Hasil analisis penelitian data menunjukkan perolehan pada siklus I rata-rata nilai 75,5. Siklus II dengan rata-rata nilai 78,55. Persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah 81,05%, persentase ketuntasan belajar pada siklus II addalah 100%, persentase kenaikan ketuntasan belajar dari siklus I ke siklus II adalah 19,5%. Metode bercerita lebih meningkatkan kemampuan siswa dalam keterampilan berbicara. Kata kunci : Berbicara, Kualitas Pembelajaran Berbicara, Metode Bercerita. Abstract: The title of the research is Increasing Skill Of Speak By Use Tell Method Of Students At SMP 2 Semitau. This study aims to reveal descriptions of teacher effort further improve the skill of students in tell story activity. The research method used was skill of speak in form action class research. The research sample is students in lower secondary school VII grade. The result of the analysis of the data shows the average score gains in the first cycle (75,5). The second cycle with the average score (78,55). The percentage of completeness in the first cycle only (81,05%), in the second cycle the percentage of completeness achieve (100%). The result obtained means the skill bye used tell method further enhance students specially in the tell story activity. Key words: Speaking, Quality of learn to speak, the tell methods.

Copyrights © 2013