Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 3 (2013): Maret 2013

PENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE EKSPERIMEN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGER 18 MATAN HILIR SELATAN

Wawan, Hermawan (Unknown)
., Kartono (Unknown)
Halidjah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Mar 2013

Abstract

Abstrak: Peningkatkan Kualitas Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Pada Materi Benda dan Sifat- Sifatnya dengan Menggunakan Metode Eksperimen Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan penggunaan metode eksperimen untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA tentang sifat-sifat benda di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 18 Matan Hilir Selatan Kabupaten Ketapang. Pendekatan yang digunakan di dalam penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif dengan bentuk Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian guru dan siswa SDN 18 Matan Hilir Selatan. Hasil penelitian yaitu: (1) Terdapat peningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran IPA menggunakan metode eksperimen yaitu sebesar 26,93%. (2) Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran (IPKG 2) yaitu terjadi peningkatan sebesar 25,54%. (3) Penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu siklus I nilai rata-rata siswa 64. Meningkat di siklus II yaitu nilai rata-rata siswa 75,33. Kata Kunci : kualitas belajar, pembelajaran ilmu pengetahuan alam, dan metode eksperimen Abstrac: Increasing Quality of Natural Sciences Learning Objects and Properties of Materials Using Its Methods Experiments Fourth Grade Students Elementary School 18 Matan Hilir Selatan Ketapang. This study aimed to describe the use of experimental methods to improve student learning outcomes in science learning about the properties of objects in the class IV Elementary School South Matan Hilir Selatan. The approach used in this research is descriptive qualitative research a form of classroom action research. The research subjects teachers and students of SDN 18 Matan South Downstream. The results of the study are: (1) There is increasing the ability of teachers to implement science learning using an experimental method that is equal to 26.93%. (2) The use of experimental methods to enhance the ability of teachers to implement learning which is an increase of 25.54%. (3) The use of experimental methods to improve student learning outcomes, the first cycle the average student 64. Increased in the second cycle the average value of 75.33 students. Keywords: quality of learning, science, and experimental methods

Copyrights © 2013