Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 4, No 1 (2015): Januari 2015

PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Bernadeta, . (Unknown)
H.Matsum, Junaidi (Unknown)
., Okianna (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Jan 2015

Abstract

Abstrak:Penelitian ini menggunakan  metode eksperimen, dan populasi dalam penelitian ini adalah  siswa kelas X, Sebagai kelas eksperimen  kelas X1 dan sebagai kelas kontrol kelas X3tahun ajaran 2013/2014.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) Teknik Pengukuran, (2) Teknik studi dokumenter, dan  (3) Observasi. Sedangkan alat pengumpulan data yang digunakan adalah : (1) Butir tes, (2) Kertas kerja Dokumentasi dan (3) Lembar Observasi. Diperoleh hasil penelitian sebagai berikut : (1) Hasil belajar ekonomi peserta didik  pada kelas eksperimen yang diajarkan dengan metode problem solvingdiperoleh nilai rata-rata adalah 71,85. Dan (2) Hasil belajar  ekonomi peserta didik  pada kelas kontrol yang diajarkan dengan model pembelajaran konvensional  diperoleh nilai rata-rata adalah 60,93. Dan (3) Terdapat perbedaaan yang positif dan signifikan antara hasil belajar mata pelajaran ekonomi yang diajar dengan problem solving  dengan pembelajaran konvensional, dimana nilai kelas eksperimen lebih baik dibandingkan dengan nilai kelas kontrol di kelas X SMA Negeri 2 Bengkayang.   Kata Kunci: Problem solving, dan  Hasil Belajar   Ekonomi   Abstract: This study used an experimental method, and the population in this study was a student of class X, class X1 As experimental class and a control class class teaching X3tahun 2013 / 2014.Teknik data collection used were: (1) Measurement Techniques, (2) Engineering studies documentary, and (3) observations. While the data collection tools used were: (1) Grain test, (2) working paper documentation and (3) Observation Sheet. Obtained the following results: (1) The results of the economic study of students in the experimental class taught by the method of problem solvingdiperoleh average value is 71.85. And (2) The results of the economic study of students in the control classes taught by conventional learning models obtained average value is 60.93. And (3) There is a positive and significant difference between the results of the economic study subjects were taught to problem solving with conventional learning, where the value of the experimental class is better than the value of the control class in the class X SMA Negeri 2 Bengkayang.   Keyword:Problem solving method learning, and Students’ Learning Achievement of Economic  

Copyrights © 2015