Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 2, No 9 (2013): September 2013

PENGARUH MODUL BERORIENTASI SIKLUS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DI SMP

Yeni, Laili Fitri (Unknown)
Ariyati, Ek (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Sep 2013

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul berorientasi siklus belajar dan yang diajar menggunakan BSE pada materi sistem pencernaan manusia di kelas VIII SMP Islam Al-Azhar 17 Pontianak. Bentuk penelitian adalah eksperimen semu (Quasi Experimental Design) dengan rancangan non-equivalent control group design. Sampel penelitian adalah kelas VIIIA (kelas eksperimen) dan kelas VIIIB (kelas kontrol) yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Instrumen yang digunakan berupa tes pilihan ganda yang berjumlah 25 butir. Dari hasil analisis data, diperoleh rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan modul berorientasi siklus belajar adalah 19,33 dan N-gain sebesar 0,64 (kriteria sedang), sementara rata-rata skor hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan BSE adalah 16,57 dan N-gain sebesar 0,39 (kriteria sedang). Hasil ini memperlihatkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas yang menggunakan modul berorientasi siklus belajar dengan kelas yang menggunakan BSE. Kata kunci: modul berorientasi siklus belajar, BSE, hasil belajar. Abstract: This research aims to see the difference of learning result between the students who are thought by using learning cycle oriented module and the student who are by using BSE that applied in humans digestive system material in grade VIII SMP Islam Al-Azhar 17 Pontinak. The research method that used is quasy experimental design and the research design is non-equivalent control group design. The research samples are grade VIIIA (experimental class) and grade VIIIB (control class) that taken by saturated sampling. The research instrument that used is multiple choist test contains 25 items. The results of data analisis shows that the student average score that taught by using cycle oriented module is 19,33 and N-gain is 0,64 (moderate criteria), while the students average score that taught by using BSE is 16,57 and N-gain 0,39 (moderate criteria). The result shows that there is significant difference of students learning result between the class that taught by using oriented cycle module and the class that taught by using BSE. Keywords: learning cycle oriented module, BSE, learning result

Copyrights © 2013