Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 7 (2014): Juli 2014

PENGARUH MEDIA REALITA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS IV SD

F37010020, Widiyanti (Unknown)
Tampubolon, Budiman (Unknown)
., Nurhadi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media realita terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pembelajaran sifat-sifat bangun ruang sederhana di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A yang berjumlah 35 orang dan kelas IV B yang berjumlah 37 orang. Hasil analisis data, diperoleh rata–rata posttest pada kelas ekperimen diperoleh sebesar 86,09 sedangkan kelas kontrol sebesar 72,90. Hasil perhitungan effect size data hasil belajar peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh sebesar  diklasifikasikan dalam kategori tinggi, yang berarti bahwa penggunaan media realita memberikan pengaruh yang tinggi terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pembelajaran menentukan sifat-sifat bangun ruang sederhana di kelas IV Sekolah Dasar Negeri 17 Pontianak Kota.   Kata kunci: Pengaruh, Media Realita, Hasil Belajar Abstract: This research aims to analyze the effect of the use of media reality on learning result of students in learning the material properties of simple geometrical in grade IV Elementary School 17 Pontianak City. The research method that used is a quasi-experiment with the research design is a Randomized Control Group Pretest-Posttest Design. The sample is a class IV A student which totaled 35 people and class IV B totaled 37 people. The results of data analysis, average posttest on the experimental class obtained is 86.09 while the control class is 72.90. The results of effect size calculation of data student learning result control class and  experiments class of  obtained 1.47 classified in high category, which means that use of media reality gives effect is high on the learning result of students in the learning materials determine the properties of simple geometrical in grade IV Elementary School 17 Pontianak City. Keywords: Effects, Media Reality, Learning Result

Copyrights © 2014