Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 3, No 3 (2014): Maret 2014

PENYUSUNAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PADA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN BERDASARKAN UJI KUALITAS AIR DI SUNGAI KAPUAS

Kurnializa, Dewi (Unknown)
swisna, Syam (Unknown)
Yeni, Laili Fitri (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Mar 2014

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas air di Sungai Kapuas berdasarkan parameter fisika, kimia dan biologi. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif dengan metode survei. Hasil pengujian sampel dari ketiga stasiun pengamatan rata-rata menunjukkan bahwa pada pengukuran parameter fisika (TDS, TSS dan suhu) kualitas air layak digunakan, sedangkan untuk parameter kimia (DO, BOD, COD dan pH) dan biologi (Total Coliform) dari ketiga lokasi rata-rata menunjukkan bahwa kualitas air tidak layak digunakan untuk kriteria air kelas 2 berdasarkan PP 82 Tahun 2001 yaitu air yang peruntukannya dapat digunakan untuk prasarana/sarana rekreasi air, pembudidayaan ikan air tawar, peternakan, air untuk mengairi pertanaman, dan atau peruntukan lain yang mempersyaratkan mutu air yang sama dengan kegunaan tersebut. Hasil penelitian kualitas air tersebut digunakan dalam pembuatan perangkat pembelajaran pada materi Pencemaran Lingkungan di kelas X SMA. Validasi perangkat pembelajaran dilakukan oleh 5 validator. Perangkat pembelajaran termasuk valid (RPP 3,95, LKS 3,92 dan booklet 3,27 ) dan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran pada materi pencemaran lingkungan.Kata kunci: kualitas air, Sungai Kapuas, booklet Abstract: This research has purpose to know water quality in the Kapuas River based on parameter in physics, chemistry and biology. Form of this research is descriptive with survey method. The result of sample test in three observation locations shows that the water is worth to be used based on the physics parameter (TDS, TSS and temperature) meanwhile, based on parameter in chemistry (DO, BOD, COD, and pH) and biology (Total Coliform), the water from those locations is unworthy to be used based on second class water standard according to PP 82 in the year of 2001 about water allocation can be used for infrastructure/water recreation facilities, freshwater fish breeding, stockbreeding, irrigating the crop, and/or other used that required water quality for the same usefulness. The result of the research on water quality used in arranging the device of learning on material for tenth grade students of senior high school about environmental contamination. Validation of the learning devices is done by 5 people as validator. The learning devices is valid ( RPP about 3,95, LKS about 3,92 and the booklets about 3.27) and it is worth being used for supporting the learning about environmental contamination material. Key Words: Water Quality, Kapuas River, Booklet

Copyrights © 2014