Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia
Vol 21, No 1 (2020)

Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Gowa (Studi Materi Pokok Larutan Penyangga)

Rizal Dzul Fadly (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Taty Sulastry (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)
Sumiati Side (Jurusan Kimia FMIPA UNM Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa tahun pelajaran 2018/2019 pada materi pokok larutan penyangga. Desain penelitian yang digunakan adalah posttest only control group design. Populasinya adalah peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa yang terdiri dari delapan kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Kelas yang terpilih sebagai sampel penelitian yaitu kelas XI MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelompok kontrol. Variabel bebasnya adalah penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament dan model pembelajaran teams games tournament tanpa aplikasi quizizz. Variabel terikatnya adalah hasil belajar larutan penyangga. Pengambilan data dilakukan dengan pemberian tes hasil belajar larutan penyangga sebanyak 25 soal dengan 5 pilihan jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis prasyarat statistik inferensial terhadap tes hasil belajar menunjukkan bahwa data pada kelompok eksperimen dan kontrol tidak terdistribusi normal serta memiliki varians yang homogen. Hasil uji non-parametrik Mann-Whitney dengan α= 0,05 dan dk= 1,64 diperoleh zhitung > ztabel (3,69>1,64) maka ada pengaruh penggunaan aplikasi quizizz pada model pembelajaran teams games tournament terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Gowa pada materi pokok larutan penyangga. Kata kunci: Aplikasi quizizz, teams games tournament, hasil belajar, larutan penyangga ABSTRACT This research was quasi-experimental research that aimed to know The Effect of Using Quizizz Application on Cooperative Learning Model of Teams Games Tournament Type toward Students achievement in Class XI MIA SMAN 1 Gowa in academic year 2018/2019 on subject matter of buffer solution. The study design used was post-test only control group design. The population were students of class XI MIA SMAN 1 Gowa which was consist eight classes. The sampling technique was random sampling. Classes selected as research samples were class XI MIA 1 as experimental group and XI MIA 3 as control group. The independent variables were using quizizz applications of cooperative learning model of teams games tournament type and cooperative learning model of teams games tournament type without quizizz applications. The dependent variable was achievement of buffer solution. Data collection was done by giving achievement test 25 questions with 5 anwer choices. The data obtained were analyzed using descriptive statistics and inferential statistics. The result of inferential statistic prerequisite analysis on achievement test of students showed that the data in the experimental group and control grup wasn’t normally distributed and data had homogeneous variance. The non-parametric test of Mann-Whitney test with α = 0,05 and dk = 1.64 obtained Zcalculated > Ztable (3.69 > 1.64). So that means there was an effect of using quizizz application on cooperative learning model of teams games tournament type toward students achievement in class XI MIA SMAN 1 Gowa with subject matter of buffer solution. Keywords: Quizizz applications, teams games tournament, student achievement, buffer solution

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

chemica

Publisher

Subject

Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Chemistry Education

Description

Memuat informasi ilmiah bidang kimia dan pendidikan kimia berupa hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis, dan kajian ...