Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 15, No 3 (2019): Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika

IMPLEMENTASI SIMULASI PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) DAN KIT IPA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK SMA NEGERI 6 PINRANG

Basri, Dewi Armita (Unknown)
Amin, Bunga Dara (Unknown)
Yani, Ahmad (Unknown)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2019

Abstract

Penelitian ini adalah Pra Eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui gambaran keterampilan proses sains peserta didik yang menggunakan simulasi PhET dan menggunakan KIT IPA, serta aspek yang dominan pada kelas yang menggunakan simulasi PhET dan KIT IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Pinrang tahun ajaran 2018/2019 dengan sampel kelas X MIPA 2 yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas yang menggunakan KIT IPA dan kelas X MIPA 3 yang berjumlah 33 peserta didik sebagai kelas yang menggunakan simulasi PhET. Alat pengumpul data menggunakan instrumen tes berupa tes keterampilan proses sains dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu gambaran aspek keterampilan proses sains yang dominan pada kelas yang menggunakan simulasi PhET adalah mengamati, menerapkan konsep, melakukan percobaan, dan mengomunikasikan. Sedangkan gambaran aspek keterampilan proses sains yang dominan pada kelas yang menggunakan KIT IPA adalah menginterpretasi data, memprediksi, mengklasifikasikan, dan menarik kesimpulan. Sehingga, aspek keterampilan proses sains dengan menggunakan KIT IPA lebih banyak muncul dibandingkan dengan menggunakan simulasi PhET.

Copyrights © 2019