Jurnal Sains dan Pendidikan Fisika
Vol 8, No 3 (2012): JURNAL SAINS DAN PENDIDIKAN FISIKA

ANALISIS KETERAMPILAN PROSES MELALUI METODE EKSPERIMEN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI I MAKASSAR

Sulastiani Sulastiani (Jurusan Fisika FMIPA UNM)
Nurhayati Nurhayati (Universiatas Negeri Makassar)
Aslim Kauseng (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2012

Abstract

Abstract:Analysis of Process Skill of 8th Grade Students in SMP Negeri I Makassar through Experiment Methods within Physics Learning. This study is a pre-experimental study aimed to obtain the skills of the students of class VIII SMPN 1 Makassar after being taught using the experimental method within physics learning. The population in this study were all eighth grade students of SMP Negeri 1 Makassar. The sample was class VIII-5. The design used in this study is the design of One-Shot Case Study Design. Based on the analysis of datas it can be concluded that in general the process skills students of class VIII SMPN 1 Makassar are at high criteria after being taught through the experimental method. From the aspect of the skills process under study, the skills of students class VIII SMPN 1 Makassar in classifying are at very high criteria, communication skill and concluding skill are both at high criteria.Abstrak:Analisis Keterampilan Proses Melalui Metode Eksperimen dalam Pembelajaran Fisika pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Makassar. Penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen yang bertujuan untuk mendapatkan gambaran keterampilan proses siswa kelas VIII SMPN 1 Makassar setelah diajar dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Makassar. Sampel penelitian adalah kelas VIII-5. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain One-Shot Case Study Design. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa secara umum keterampilan proses siswa kelas VIII SMPN 1 Makassar berada pada kriteria tinggi setelah diajar melalui metode eksperimen. Dari aspek keterampilan proses yang diteliti, keterampilan siswa kelas VIII SMPN 1 Makassar dalam mengklasifikasikan berada pada kriteria sangat tinggi, keterampilan mengkomunikasikan dan keterampilan menyimpulkan keduanya berada pada kriteria tinggi.Kata kunci: keterampilan proses, metode eksperimen.

Copyrights © 2012