Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 8 No 2 (2019)

Peningkatan Aktivitas Siswa Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Inkuiri Terbimbing Siswa Kelas V SDN 002 Samarinda

Usfandi Haryaka (Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
10 Dec 2019

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar matematika melalui penerapan model inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya aktivitas dan hasil belajar matematika siswa kelas V SDN 002 Samarinda. Subjek penelitian ini adalah sis akelas V SDN 002 Samarinda yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah model kemmis yang meliputi tahap perencanaan, pelak-sanaan tindakan, dan observasi serta refleksi. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan Teknik analisis data adalah data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Nilai rata-rata aktivitas siswa siklus I menunjukkan 40% dengan kriteria rendah. Setalah dilakukan perbaikan terjadi peningkatan pada siklus II, dan nilai rata-rata aktivitas siswa menunjukkan 65% dengan kriteria sedang. Pada siklus III, rata-rata aktivitas siswa 87% dengan kriteria tinggi. Peningkatan ini terjadi karena siswa selalu memperhatikan kelemahannya dan berusaha untuk memperbaiki pada tiap siklus. Peningkatan aktivitas siswa juga dapat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa yang menunjukkan persentase rata-rata siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 68%, dan siklus III sebesar 79%. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar matematika di kelas V SDN 002 Samarinda. Peningkatan aktivitas siswa meliputi aspek orientasi, merumuskan hipotesis sederhana, mengumpulkan data, dan merumuskan kesimpulan.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

primatika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Primatika : Jurnal Pendidikan Matematika discusses problem in mathematics education realm such as problems in teaching and learning of mathematics or methodological problems in the field of research in mathematics education. This journal is provided for writers, teachers, students, professors, and ...