Jurnal Penelitian Psikologi
Vol. 11 No. 1 (2020): Jurnal Penelitian Psikologi

Metode Pembelajaran Mind Mapping dan Musik Klasik terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa MAN

Ambar Sulianti (UIN Sunan Gunung Djati)
Sukma Nurwidiani (UIN Sunan Gunung Djati)
Siti Sarah Irvani Siregar (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2020

Abstract

Tidak semua ruangan kelas dapat kondusif menunjang konsentrasi belajar siswa sehingga berdampak kepada hasil belajar. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas mind mapping dan musik klasik terhadap peningkatan hasil belajar sejarah pada siswa MAN dalam kondisi ruangan berisik. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen pre-test dan post-test dengan kelompok kontrol. Total 100 siswa MAN bertindak sebagai subjek penelitian, terbagi dalam 3 kelompok yaitu kelompok kontrol dalam ruangan hening, kelompok yang menggunakan mind mapping, serta kelompok yang menggunakan mind mapping dan musik klasik. Analisis inferensial digunakan untuk melihat perbedaan pre-test dan post-test dengan uji Kruskal Walls. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar sejarah secara signifikan pada ketiga kelompok. Efektifitas peningkatan hasil belajar menggunakan mind mapping saja atau gabungan mind mapping dan musik klasik, sama dengan hasil belajar menggunakan ruangan hening.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JPP

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Psikologi (JPP), memuat artikel hasil penelitian tugas akhir studi dan hasil penelitian empiris lainnya terkait dengan bidang psikologi, antara lain: bidang psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, psikologi klinis, psikologi perkembangan, ...