Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah
Vol 2 No 1 (2017): Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah

Manajemen Strategik Rumah Amal Salman dalam Meningkatkan Fundraising Zakat

Erlin Latifah (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Yusuf Zaenal Abidin (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)
Ahmad Agus Sulthonie (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Mar 2017

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tahapan manajemen strategik yang dimulai dari Formulasi Strategi, Implementasi Strategi dan yang terakhir Evaluasi Strategi yang digunakan Rumah Amal Salman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatatif. Adapun teknik pengumpulan data dengan menggunakan kajian pustaka,observasi, dan wawancara secara mendalam dengan Manajer Litbang Rumah Amal Salman sebagai data primer dan sekunder. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pada tahapan Formulasi Strategi tentang perumusan visi,misi dan tujuan Rumah Amal Salman dengan melakukan analisis lingkungan sekitarnya terlebih dahulu untuk mempertahankan kekuatan dan mengambil peluang yang ada sehingga bisa meminimalisir kelemahan dan ancaman yang terjadi pada lingkungan sekitar sehingga bisa meningkatkan fundraising zakat.Sedangkan pada tahap Implementasi Strategi yaitu penerapan perencanaan strategis pada program kerja jangka pendek yaitu pada program Salman Day Out Picnic, jangka menengah yaitu program Kampung bangkit, dan jangka panjang yaitu pada program Manajemen kinerja Ekselen Kriteria Zakat. Dan tahapan terakhir yaitu Evaluasi Strategi yaitu mengevaluasi seluruh kegiatan kerja yang berskala jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang.Untuk menghasilkan inovasi terbaru pada perencanaan stretgis pada program berikutnya. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa manajemen strategik Rumah Amal Salman telah dijalankan dengan baik dan menunjukan keberhasilan yang signifikan dalam upaya meningkatkan Fundraising Zakat. This research aims to find out how the stages of Strategic Management that starts from Strategy Formulation, Strategy Implementation and the last Evaluasi Strategy used Rumah Amal Salman. The data collection techniques using literature review, observation and in depth interviews whit the Rumah Amal Salman research and development manager as secondary and primary data. From the result of the research indicate that in the Formulation Stage of Strategy on the Formulation of vision, mission and objectives of Rumah Amal Salman by conducting the analysis of the surrounding environment in advance to maintain the strength and take the existing opportunities so as to minimize the weaknesses and threats that occur in the surrounding environment so as to increase fundraising zakat. While at the Implementation Strategy stage is the implementation of strategic planning on short term work program that is on Salman Day Out Picnic Program, medium term that isin Kampung Bangkit, and long term that is in program of performance Management of Eccentric Criteria Of Zakat. And the last stage of the Strategy Evalution is to evaluate all work activities that are short term,medium term,and long term. To generate the latest innovations in strategic planning in thenext program. Therefore,it can beconcluded that Rumah Amal Salman Strategic Management has been well executed and shows significant success in efforts to increase the fundraising zakat.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

tadbir

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Manajemen ...