Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah
Vol 4 No 3 (2019): Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah

Manajemen Strategi Corp Dakwah Santri Al-Jawami dalam Pengkaderan Dai Berkualitas

Moh Adi Rifan Najmudin (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Syamsuddin Syamsuddin (Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)
Asep Iwan Setiawan (Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui formulasi Corp Dakwah Santri Al-Jawami dalam menyiapkan kader da’i yang berkualitas. (2) Untuk mengetahui implementasi Corp Dakwah Santri Al-Jawami dalam menyiapkan kader da’i yang berkualitas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan penafsiran logika yang dihubungkan dengan konteks Manajemen Dakwah. Hasil penelitian menunjukan bahwa formulasi strategi Corp Dakwah Santri Al-Jawami (CDSA) didasarkan pada hasil analisis SWOT yang kemudian dituangkan dalam keputusan strategi-strategi yang menjadi nilai inti Organisasi. Implementasi yang terkoordinir, baik dalam struktural, kepemimpinan maupun budaya. Disertai dengan program, anggaran dan prosedur pelaksanaanya yang jelas. Penelitian ini bisa disimpulkan bahwa manajemen strategi pada Organisasi Corp Dakwah Santri Al-Jawami (CDSA) dalam menyiapkan kader da’i telah menggunakan Manajemen Strategis. This research aims: (1) To find out the formulation of Corp Dakwah Santri Al-Jawami in preparing a qualified preacher cadre. (2) To find out the implementation of Corp Dakwah Santri Al-Jawami in preparing qualified preacher cadres. This research is a qualitative study using descriptive methods. Data collection uses observation, interview and documentation techniques. Data analysis uses logical interpretation related to the context of Da'wah Management. The results showed that the strategy formulation of Corp Dakwah Santri Al-Jawami (CDSA) was based on the results of the SWOT analysis which was then outlined in the decision of the strategies that became the Organization's core values. Coordinated implementation, both structural, leadership and culture. Accompanied by a clear program, budget and implementation procedures. This research can be concluded that the strategic management of the Da'wah Santri Al-Jawami Corp Organization (CDSA) in preparing cadre preachers has used Strategic Management.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

tadbir

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Tadbir: Jurnal Manajemen Dakwah adalah jurnal yang diterbitkan oleh Jurusan Manajemen Dakwah Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Gunung Djati Bandung sejak tahun 2016. Jurnal ini mempublikasikan karya ilmiah hasil penelitian dalam mengembangkan konsep dan teori berkaitan dengan kajian Manajemen ...