Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu
Vol. 1 No. 1 (2019): JPPT Juni 2019

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD AR-RAHMAN MISRIADI DESA STABAT LAMA LANGKAT

Nila Lestari (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Nov 2019

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat. Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasi siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat. Berdasarkan data yang diperoleh, proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil produk yang telah diselesaikan siswa berupa karanngan Puisi Hasil nilai rata – rata jumlah siswa yang aktif dalam kegiatan pada siklus I sebesar 56,7% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Berdasarkan data nilai rata- rata siklus 1 dan siklus II pada aktifitas belajar siswa peningkatan yang terjadi sebesar 26,6 % dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,3% meningkat menjadi 86,7% pada siklus II. Berdasarkan data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II peningkatan yang terjadi sebesar 13,4%. Respon siswa terhadap pembelajaran menulis Puisi dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek sangat positif. Hal ini dapat didukung oleh tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasi siswa.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

JPPT

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Terpadu (JPPT) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian atau kajian teoritis dalam bidang pendidikan dasar yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, maupun pemerhati ...