Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis proyek untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat. Data tentang aktivitas dan hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasi siswa kelas V SD Ar-Rahman Misriadi Desa Stabat Lama Kabupaten Langkat. Berdasarkan data yang diperoleh, proses pembelajaran dengan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dilihat dari hasil produk yang telah diselesaikan siswa berupa karanngan Puisi Hasil nilai rata – rata jumlah siswa yang aktif dalam kegiatan pada siklus I sebesar 56,7% meningkat menjadi 83,3% pada siklus II. Berdasarkan data nilai rata- rata siklus 1 dan siklus II pada aktifitas belajar siswa peningkatan yang terjadi sebesar 26,6 % dan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 73,3% meningkat menjadi 86,7% pada siklus II. Berdasarkan data nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I dan siklus II peningkatan yang terjadi sebesar 13,4%. Respon siswa terhadap pembelajaran menulis Puisi dengan model Pembelajaran Berbasis Proyek sangat positif. Hal ini dapat didukung oleh tes dan aktivitas guru serta siswa melalui lembar observasi siswa.
Copyrights © 2019