Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah melalui model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar PPKn materi Memahami Kedudukan dan Fungsi Pancasila di kelas VIIIG SMP Negeri 6 Klaten Tahun Pelajaran 2019/2020?. Tujuan penelitian ini adalah: meningkatkan minat dan hasil belajar Pendidikan Pancasila dan Kewarganageraan (PPKn) memahami kedudukan dan fungsi Pancasila siswa kelas VIIIG SMP Negeri 6 Klaten tahun pelajaran 2015/2016 dengan metode pembelajaran Card Sort. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus meliputi: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Pemanfaatan Pembelajaran dengan model pembelajaran Card Sort dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri 6 Klaten pada semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 dalam materi mamahami kedudukan dan Fungsi Panacasila. Minat belajar siswa meningkat, pada saat pra siklus hanya 34% meningkat menjadi 66% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 90% pada akhir siklus II. Rata-rata nilai meningkat dari 52,93 (pra siklus) menjadi 75,17 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 83,62 pada siklus II. Prosentase ketuntasan hasil belajar juga mengalami peningkatan. Dari 10% pada pra siklus menjadi 45% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 93% pada siklus II
Copyrights © 2020