The purpose of this research is to increase gross motor skills in group B TK PertiwiTrenggalek through traditional Java games. Gross motor skills that will be assessed are aspects oflocomotor movements include running and walking, nonlocomotor movement include standing,holding and bending, and manipulative movement include catch and roller. The research usedaction research method according Kemmis and Taggart made two cycle consisiting of 16 sessions.The cycle consists of planning,action, observation, and reflection. Before the research begin, preaction research conducted to find out the results of the initial percentage of gross motor skills. Thedata collected result early gross motor skills, first cycle and second cycle. The final results of theresearch that gross motor skills of children in group B increased, which began pre-action gained25%, the kucing dan tikus game first cycle of 58.33% and roda gelinding game, the first cycle of50% and the games second cycle reaches 100%. Keywords: Gross Motor Skill, Tradisional Java Game, Action Research. Abstrak: Tujuan penelitian untuk meningkatkan keterampilan motorik kasar melalui permainantradisional Jawa dan mengetahui peningkatan keterampilan motorik kasar kelompok B di TKPertiwi Trenggalek melalui permainan tradisional Jawa. Keterampilan motorik kasar yang akandinilai adalah aspek gerak lokomotor meliputi berlari dan berjalan, aspek gerak nonlokomotormeliputi berdiri, memegang dan membungkuk, serta aspek gerak manipulatif meliputi menangkapdan menggelindingkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan menurut Kemmisdan Taggart dengan dua siklus yang terdiri dari 16 pertemuan. Siklus terdiri dari perencanaan,tindakan, pengamatan dan refleksi. Sebelum penelitian dilakukan, diadakan penelitian pratindakanuntuk mengetahui hasil prosentase keterampilan awal motorik kasar. Data yang diperoleh daripenelitian pratindakan, siklus I, siklus II. Hasil akhir dari penelitian memaparkan bahwaketerampilan motorik kasar anak kelompok B meningkat, yaitu mulai pratindakan memperoleh25%, permainan kucing dan tikus siklus I sebesar 58,33% dan permainan roda gelinding, siklus Isebesar 50% dan pada kedua permainan siklus II mencapai 100%. Kata kunci: Keterampilan Motorik Kasar, Permainan Tradisional Jawa, PenelitianTindakan
Copyrights © 2014