Cendekia: Media komunikasi penelitian dan pengembangan pendidikan islam
Vol. 10 No. 01 (2018): Cendekia March 2018

Pengaruh Media Audiovisual terhadap Minat Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Tematik

Dwi Rosyidatul Kholidah (STIT Al-Fattah Siman Lamongan)



Article Info

Publish Date
23 Mar 2018

Abstract

Anak yang memiliki minat belajar yang baik merupakan keinginan setiap para pendidik, namun dalam proses pembelajaran tentu para pendidik harus menyiapkan hal-hal baru agar peserta didik tidak bosan dan semangat dalam belajarnya. Penurunan minat dan semangat dalam belajar pada masa ini terjadi pada anak-anak, salah satu faktor penurunan semangat belajar yakni penggunaan metode dan proses pembelajaran yang biasa-biasa saja cenderung terlalu terfokus pada pendidik, sehingga peserta didik mudah bosan, dan bahkan mengantuk dan lain sebagainya. Dari sinilah pendidik harus menyiapkan dorongan agar peserta didik kembali berminat dalam belajar, salah satunya dengan menggunakan media audiovisual dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk 1. Mengetahui penggunaan media audiovisual pada pembelajaran tematik,2. Mengetahui tingkat minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik,3. Mengetahui adanya pengaruh dari media audiovisual terhadap minat belajar peserta didik kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar. Pada penelitian ini peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Kemudian pada teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan angket. Dengan menggunakan Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Dengan jumlah populasi 20 dari kelas IV. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase dan rumus Analisis Regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1. Media audiovisual dalam pembelajaran Tematik masuk dalam kategori baik, dibuktikan dengan perhitungan hasil prosentase sebesar 77%, artinya media audiovisual berhasil digunakan dengan baik pada pembelajaran tematik. 2. Minat peserta didik pada pembelajaran Tematik masuk kategori baik dan dapat meningkatkan minat belajar peserta didik, dibuktikan dengan perhitungan hasil prosentase sebesar 76%, artinya peserta didik mengalami peningkatan minat pada pembelajaran tematik dengan menggunakan media audiovisual. 3. Penggunaan media audiovisual pada pembelajaran tematik berpengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran Tematik kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar tahun pelajaran 2018/2019. Berdasarkan hasil tabel regresi ditemukan nilai thitung> ttabel (2,832 ≥1,734) Maka dengan demikian media audiovisual memberikan pengaruh terhadap minat belajar peserta didik pada pembelajaran tematik di kelas IV MI Ihyaul Ulum Manyar Tahun Pelajaran 2018/2019 secara signifikan.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

cendekia

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

The journal invites the original article and is not simultaneously sent to another journal or conference. The focus and scope of Scholar is the Communication Media for Research and Development of Islamic Education, such as research and development, quantitative, qualitative, experimental, ...