Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual
Vol 5, No 3 (2020): Volume 5 Nomor 3, Agustus 2020

Identifikasi Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Materi Fluida Statis

Estianinur Estianinur (Universitas Negeri Malang)
Parno Parno (Universitas Negeri Malang)
Eny Latifah (Universitas Negeri Malang)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2020

Abstract

Salah satu komponen kunci dalam pembelajaran fisika adalah siswa memiliki kemampuan dalam memecahkan masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi fluida statis. Metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif diterapkan pada 43 orang siswa kelas XII IPA. Instrumen yang digunakan berupa 3 butir soal uraian materi fluida statis. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa sebesar 59,60 (kategori sedang). Persentase siswa yang termasuk dalam kategori novice sebesar 86,0% (tekanan hidrostatis), 88,4% (hukum Pascal), dan 55,8% (hukum Archimedes). Di masa mendatang diperlukan penerapan pembelajaran yang menyajikan permasalahan kontekstual, pengalaman langsung, atau solusi permasalahan berbentuk proyek engineering.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

BRILIANT

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture Computer Science & IT Education

Description

BRILIANT : Jurnal Riset dan Konseptual published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar. Published four times a year in print and online. Journals are published every three months, in February, May, August and November. The article topics contained in this journal are the results of research and ...