Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIVITAS PENDEKATAN ANALISIS TRANSAKSIONAL DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING

Sabar Lesmana (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Choirul Syalasin Nisa (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitian ini merupakanpenelitian kuasi eksperimen dengandesain penelitian non equivalentcontrol group design. Subjekpenelitian adalah siswa kelas XI IPSSMAN 01 BABELAN tahun ajaran2016/2017. Subjek penelitian iniberjumlah 118 orang. Subjek dibagimenjadi dua kelompok yaitu 59orang menjadi kelompok eksperimendan 59 orang menjadi kelompokkontrol. Teknik pengumpulan datamenggunakan angket bullying.Validasi data menggunakan aplikasiSPSS 15. Analisis data menggunakanteknik t-test dengan Ms. Excel danperhitungan manual.Dari hasil penelitian terlihatbahwa thitung≥ ttabel sehingga hipotesisnihil (H0) yang menyatakan“pendekatan analisis transaksionaldengan teknik role playing tidakefektif dalam mereduksi perilakubullying siswa kelas XI IPS SMAN01 BABELAN” ditolak. Kesimpulanpenelitian eksperimen ini pendekatananalisis transaksional dengan teknikrole playing efektif dalam mereduksiperilaku bullying siswa kelas XI IPSSMAN 01 BABELAN

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...