Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELING UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI MAN 18 JAKARTA

Salohot Batubara (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Fikri Amalia (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Kemandirian belajar adalahaktivitas belajar yang di dorong olehkemauan sendiri, pilihan sendiri dantanggung jawab sendiri tanpabantuan orang lain serta mampumempertanggung jawabkantindakannya, sehingga siswa mampumelakukan tugas belajar tanpaketergantungan dengan orang lain.Penelitian ini bertujuan untukmendapatkan data-data empiris danmengetahui efektivitas konselingkelompok dengan teknik modelinguntuk meningkatkan kemandirianbelajar siswa kelas XI di MAN 18Jakarta.Jenis penelitian inimenggunakan metode kuasieksperimen dengan desain penelitiannon equivalent control group design.Teknik pengambilan sampel denganmenggunakan purposive sampling.Sampel diperoleh melalui hasilpretest. Hasil dari pretest tersebutpeneliti mengambil 67 orang sebagaisubjek penelitian. Subjek di bagimenjadi dua kelompok yaitu 10orang menjadi kelompok eksperimendan 10 orang menjadi kelompokkontrol.Teknik pengumpulan datamenggunakan instrumen penelitianberupa angket. Jumlah uji cobavariabel Kemandirian belajar (Y)=55item, Terdapat 7 buah item yangtidak valid, yang tersisa sebanyak 48buah item yang akan disebar kepadaresponden. Teknik analisismenggunakan analisis uji t. Darihasil penelitian terlihat bahwathitung≥ttabel.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...