Guidance: Jurnal Bimbingan dan Konseling
Vol 14 No 02 (2017): Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling

EFEKTIFITAS TEKNIK RELAKSASI UNTUK MENURUNKAN KECEMASAN SISWA KELAS XII SMA PUSAKA 1 JAKARTA DALAM MENGHADAPI UJIAN

Euis Nurhidayati (Universitas Islam As-Syafi'iyah)
Firmanto Na (Universitas Islam As-Syafi'iyah)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2017

Abstract

Penelitianini bertujuanuntukmendapatkan data-dataempirisdaninformasiefektifitas teknikrelaksasi untuk menurunkankecemasan siswa kelas XII IPS diSMA Pusaka dalam menghadapi ujian.Penelitian merupakan penelitianquasi eksperimen dengan desainpenelitian pretest-posttest controlgroup design. Subjek penelitian adalahsiswa kelas XII SMA Pusaka 1 Jakartatahun pelajaran 2016/2017 yangmemiliki tingkat kecemasan dalammenghadapi ujian baik tinggi maupunrendah. Subjek penelitian iniberjumlah 63 orang yang diambil daripopulasi penelitian sebanyak 126orang. Subjek dibagi menjadi duakelompok yaitu 32 orang menjadikelompok eksperimen dan 31 orangmenjadi kelompok kontrol. Teknikpengumpulan data menggunakanangket kecemasan ujian. Validasiinstrumen menggunakanproductmoment yang diaplikasikan pada ms.Excel, dengan hasil dari 60 butirangket try out diperoleh 31 butir yangvalid dan sisanya 29 data dropsedangkan realibilitas instrumentdianalisis dengan menggunakan alphacronbach dan menghasilkan skor1,0531 yang mengartikan bahwa hasilukur instrument real atau bisaditerima.Analisis data menggunakan teknikttest dengan ms.Excel dan perhitunganmanual. Berdasarkan hasil analisismenunjukkan thitung=1,8734ttabel=1,7033 dengan taraf signifikan (α= 0,05)dk = n1 + n2 -2 = 32+ 31 – 2 =61. Dari hasil penelitian terlihat bahwathitung≥ ttabelsehingga hipotesis nihil(H0) yang menyatakan “Teknikrelaksasi tidak efektif untukmenurunkan kecemasan siswa kelasXII SMA Pusaka dalam menghadapiujian” ditolak. Sedangkan hipotesisalternatif (Ha) yang menyatakan“Teknik relaksasi efektif untukmenurunkan kecemasan siswa kelasXII SMA Pusaka dalam menghadapiujian” diterima

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

guidance

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences

Description

Guidance : Jurnal Bimbingan dan Konseling is an open access journal and peer-reviewed that published either original article or reviews. this journal focuses on #Guidance and Counseling Islamic #Counseling Multicultural #School Counseling #Counselor Education #Child and Adolescent Counseling #Adult ...