Penelitian ini adalah classroom action atau Tindakan kelas, memiliki tujuan untuk meningkatkan hasil belajar seni menggambar dan melukis berbahan Sagu denganmenggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan ini diharapkan pengembangan kreativitasmotorik halus anak dengan mempergunakan pinger painting berbahan Sagu akan meningkatdan lebih bermakna. Subjek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di PAUD Al-IkhlasKonawe Selatan Sulawesi Tenggara dengan jumlah anak 17 orang. Penelitian dilaksanakanpada Bulan Juli-September 2019, dengan mempergunakan metode pada empat tahapan yaitu;1) tahap perencanaan, (2) tahap pelaksanaan, (3). tahap pengamatan, dan 4) tahap refleksi,yang dilakukan pada dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasilbelajar motorik halus anak yang Belum Berkembang (BB) dengan nilai presentase (46%).Siklus I peserta didik yang Belum Berkembang (BB) mengalami pengurangan sebanyak 3anak dengan nilai persentase sebesar (23%) dan siklus II pada pertemuan kedua tidakditemukan lagi anak yang Belum Berkembang (BB). Peserta didik yang Berkembang SangatBaik (BSB) pada siklus II pertemuan kedua 10 orang mengalami peningkatan sebesar (77%),sehingga dapat dikatakan berhasil berdasarkan indikator tingkat pencapaian di atas 75%.Kata Kunci:Kreativitas, Motorik Halus, Finger Painting, Sagu, Anak Usia Dini 5-6 tahun
Copyrights © 2020