Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
Vol 1 No 3 (2014): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Juni 2014

Pengembangan Koperasi Kota Bandung Melalui Pemetaan Pelaku Usaha Koperasi dan Usaha Unggulannya

Asep Mulyana (Unknown)
Wa Ode Zusnita Muizu (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2014

Abstract

Krisis yang terjadi di Indonesia pada 1997, dilanjutkan dengan krisis ekonomi dunia pada tahun 2008 serta krisis Eropa di Yunani pada tahun 2012, Usaha besar satu persatu gulung tikar karena bahan baku impor meningkat secara drastis, biaya cicilan utang meningkat sebagai akibat dari nilai tukar rupiah terhadap dolar yang menurun. Diluar dugaan, ternyata UKM dan koperasi di Indonesia yang dianggap kecil justru dapat menghadapi keadaan krisis ini. UKM dan Koperasi malah mampu eksis dan berperan sebagai jangkar ekonomi di Indonesia. Tujuan dari penelitian ini mengidentifikasi posisi koperasi berdasarkan daya tarik pasar dan sumber daya dan profil Inventarisasi andalan bisnis koperasi didasarkan pada komitmen dan kompetensi bisnis koperasi dalam menjalankan usaha koperasi Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, dengan menggunakan dua (2) pendekatan, (1) literatur study ; dan (2) Survey (wawancara, diskusi kelompok dan observasi). Data survei dilakukan di 75 koperasi dan Satuan Kerja Pemerintah Daerah di Kota Bandung Penelitian ini menyimpulkan Koperasi di Kota Bandung dalam posisi pertumbuhan, yang membedakan koperasi kota Bandung dengan koperasi di kota-kota lain adalah: 1) padat karya; 2) keterampilan tradisional sederhana.; 3) Produk Budaya; 4) Struktur modal berasal dari ekuitas dan pinjaman dari sumber informal; 5) Cepat dan respon yang fleksibel; 6) Kreatif dan Inovatif Kata Kunci: Pemetaan Koperasi, Komitmen, Kompetensi

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

jurnal

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences Other

Description

Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan ...