cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kota adm. jakarta utara,
Dki jakarta
INDONESIA
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia
ISSN : 23384557     EISSN : 25976230     DOI : -
Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia (JMBI), ISSN 2597-6230 online ; 2338-4557 print , diterbitkan sejak tahun 2013 oleh Pengurus Pusat Asosiasi Forum Manajemen Indonesia (FMI). Terbit secara berkala 3 (tiga) kali dalam 1 tahun, dengan frekwensi penerbitan di bulan Februari, Juni, dan Oktober.
Arjuna Subject : -
Articles 190 Documents
Pengaruh Profitabilitas, Likuiditas, Dan Solvabilitas Terhadap Harga Saham Perbankan Dengan Inflasi Sebagai Variabel Moderating Pada Periode 2007-2015 Noviyah, Nyi Mas Rizki
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.159

Abstract

The purpose of this study is to analyze the effect of profitability (ROA), liquidity (LDR), and solvency (DER) to the stock price of banking and find out whether inflation moderates the effect of profitability (ROA), liquidity (LDR), and solvency (DER) to the stock price of banking. Data collection method used is the method of research libraries. Data analysis technique used is multiple linear panel regression and hypothesis testing using t-statistics as well as the interaction test Moderated Regression Analysis (MRA) with significance level of 5 percent. Data were processed using Eviews program ver. 6.0. The results showed that the profitability (ROA) and liquidity (LDR) have positive and significant impact to the stock price of banking, but the solvency (DER) have negative and significant impact to the stock price of banking.. In addition, inflation is moderating influence liquidity (LDR) and solvency (DER) to the stock price of banking. While on influence profitability (ROA) to the stock price banking, inflation does not moderate significantly.   Keywords: profitability (ROA), liquidity (LDR), solvency (DER),stock price of banking, inflation
Strategi Pembangunan Provinsi Bali: Perspektif Pertumbuhan Berimbang Berdasarkan PDRB Tahun 2013-2017 Wardana, I Made
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.160

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pembangunan Provinsi Bali menuju pembangunan yang berimbang (Balance Growth). Konsep Balance Growth dalam konteks pembangunan Provinsi Bali dimaksudkan adalah pembangunan yang semakin berimbang baik dalam arti daerah maupun sektoral untuk mewujudkan ke berimbangan kesejahteraan masyarakat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Bappeda Provinsi Bali dan Badan Pusat Statistik, tentang Produk Domestik Regional  Bruto  Provinsi Bali, Tahun 2017. Metode analisis menggunakan Matrikss BCG (Boston Consulting Group) dan Tipologi Klassen. Berdasarkan analisis Matrikss BCG terdapat empat kabupaten/kota terletak pada kuadran Star, yaitu Kabupaten Badung, Kabupaten Gianyar, Kabupaten Buleleng dan, Kota Denpasar. Demikian pula ada lima kabupaten yang terletak pada kuadran Dog yaitu Kabupaten Jembrana, Kabupaten Tabanan, Kabupaten Klungkung, Kabupaten Bangli dan, Kabupaten Karangasem. Tidak ada kabupaten/kota terletak pada kuadran Question Mark dan kuadran Cash Cow. Dengan demikian strategi pengembangan daerah agar tetap eksis pada kuadran Star maka sektor pariwisata menjadi sektor yang mendapatkan prioritas dalam menumbuhkan PDRB. Pariwisata Daerah Bali adalah berbasis pada Budaya Bali, maka sektor pertanian juga secara simultan akan memberikan dukungan terhadap pertumbuhan PDRB masing-masing kabupaten/kota. Kabupaten pada kuadran Dog dapat menempuh strategi pengembangan sektor pertanian yang didukung sektor pariwisata.  Rekomendasi yang dapat diberikan dalam membangun keseimbangan pertumbuhan dan kontribusi Kabupaten/kota terhadap PDRB Bali adalah mendistribusikan PMDN dan PMA ke seluruh kabupaten/Kota lebih merata.   Kata Kunci : Strategi Pembangunan Berimbang (Balance Growth), Ketertinggalan Relatif, Matriks BCG.
Pengaruh Kepatuhan, Pemeriksaan, dan Penagihan Pajak terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan Anam, Hairul; Moehaditoyo, Srie Hartutie; Dirmayani, R. D.
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.161

Abstract

Pengujian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kepatuhan wajib pajak, pemeriksaan pajak, dan penagihan pajak terhadap penerimaan pajak penghasilan  badan secara parsial dan simultan. Penelitian ini terdiri dari satu variabel dependen yaitu penerimaan pajak penghasilan badan dan tiga variabel independen yaitu kepatuhan wajib pajak, pemeriksaan pajak, dan penagihan pajak. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian yaitu wajib pajak badan yang terdaftar di Kantor Pelayanan Pajak Pratama Balikpapan pada tahun 2013 sampai dengan 2016. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode analisis regresi linear berganda.   Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pemeriksaan Pajak dengan nilai t hitung 2,952 dengan taraf signifikansi sebesar 0,005 dan Penagihan Pajak  dengan nilai t hitung 3,404 dengan taraf signifikansi sebesar 0,001 berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan. Sedangkan, Kepatuhan Wajib Pajak dengan nilai t hitung 0,248 dengan taraf signifikansi sebesar 0,805 tidak berpengaruh terhadap Penerimaan Pajak Penghasilan Badan. Namun, Kepatuhan Wajib Pajak, Pemeriksaan Pajak, dan Penagihan Pajak dengan nilai F hitung 17,100 berpengaruh terhadap penerimaan pajak penghasilan badan secara simultan.   Kata Kunci : Kepatuhan wajib pajak, Pemeriksaan pajak, Penagihan pajak, Penerimaan pajak penghasilan badan.
Meningkatkan Kinerja Pegawai Melalui Faktor Pribadi dan Kepuasan Kerja dan Implikasinya terhadap Efektifitas Organisasi Muizu, Wa Ode Zusnita; Komarudin, Aji; Kaltum, Umi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.162

Abstract

Peningkatan efektivitas organisasi dapat terwujud, jika semua unsur dalam organisasi terkordinasi dan terintegrasi dengan baik, sesuai fungsi dan peranannya masing-masing. Hasil pra survey menunjukan bahwa efektivitas organisasi belum dapat ditingkatkan secara optimal, terlihat dari sikap pegawai yang tidak memegang teguh amanah dan komitmen dalam melaksanakan tugas, banyaknya sorotan masyarakat terhadap kemampuan pegawai yang kurang responsif, dan banyaknya pegawai yang mangkir. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pribadi dan kepuasan kerja terhadap kinerja pegawai dan dampaknya terhadap efektivitas organisasi.   Metode penelitian yang digunakan adalah descriptive survey dan explanatory survey. Hipotesis dalam penelitian ini diuji dengan menggunakan Structural Equation Model (SEM), sedangkan untuk pengolahan data menggunakan program LISREL 8.72 (Linier Structural Relationship).   Hasil hipotesis pertama menunjukkan bahwa Faktor pribadi  dan kepuasan kerja pegawai berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap kinerja pegawai. Sehingga, semakin baik kondisi faktor pribadi  pegawai, kepuasan kerja pegawai juga meningkat, maka akan semakin optimal pencapaian kinerja pegawai. Hipotesis kedua menunjukan bahwa Faktor pribadi  dan kepuasan kerja pegawai berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap efektivitas organisasi. Sehingga, meningkatnya kepuasan kerja pegawai dan faktor pribadi pegawai akan meningkatkan pula efektivitas organisasi juga akan semakin meningkat. Hipotesis ketiga menunjukan bahwa kinerja pegawai berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap efektivitas organisasi. Sehingga, semakin baik kinerja pegawai, akan semakin meningkat efektivitas organisasinya. Hipotesis keempat menunjukan bahwa faktor pribadi, kepuasan kerja, dan kinerja pegawai berpengaruh secara signifikan baik parsial maupun simultan terhadap efektivitas organisasi. Sehingga, semakin baik kondisi faktor pribadi  pegawai, kepuasan kerja pegawai juga meningkat, demikian pula dengan kinerja pegawai yang semakin baik, maka akan semakin optimal pencapaian efektivitas organisasi.   Kata Kunci : Faktor Pribadi, Kepuasan Kerja, Kinerja Pegawai, dan Efektivitas Organisasi
Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, Likuiditas dan Nilai Pasar terhadap Nilai Perusahaan dengan Dividend Sebagai Variabel Moderasi Ramadhani, Yesa Cahayaning; Maryam, Dewi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.163

Abstract

Banks are also industrial institutions whose activities always rely on trust, so they must always maintain the bank's health performance system. Bank health maintenance by maintaining capital adequacy, asset quality, management, achieving sufficient profit and liquidity. The purpose of this research is to test and analyze the effect of the capital structure, profitability, liquidity and market value of corporate value with dividends as a moderating variable.The population in this study are all banking companies listed on the Stock Exchange. The sampling technique was carried out by using purposive sampling technique, which was based on certain criteria so the sample size of 5 samples of each banking industry company - helped distribute dividends during the period 2006 - 2014. The data used were secondary data obtained from the Stock Annual Report Effect. Research hypothesis testing uses multiple linear regression analysis techniques and Residual MRA. The results showed that: 1). Capital structure has no significant effect on the value of the Company, 2). Profitability has a significant effect on Company Value, 3). Liquidity does not have a significant effect on firm value, 4). Market value has no significant effect on the value of the Company, 4). Dividends cannot significantly moderate the Influence of Capital Structure, Profitability, Liquidity and Market Value of the value of the Company.   Keywords: Capital Structure, Profitability, likuidity, Market Value, Value and Dividend  Company
Meningkatkan Produktivitas Industri Kecil Menengah Kota Batam Melalui Kompetensi Inti dan Daya Saing Priscilla, Yuddy Giovanna
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.164

Abstract

The purpose of this study is to measure the influence of core competencies consisting of organizational resources (shared vision, cooperation and empowerment) and organizational capabilities (knowledge management capabilities and dynamic capabilities) on the company's performance through competitive advantage in Small and Medium Industries in Batam to be able to face competition business is getting tighter due to the impact of the Asean Economic Community (AEC). The sample was taken from 105 top-level management as owners or managers of 105 Small and Medium Industries companies that have characteristics in accordance with Law No. 3 of 2014 concerning the regulation of small and medium industries using Purposive Sampling method. This study uses a comparative causal approach. The results of this study indicate that organizational resources have no significant effect on competitive advantage, but organizational resources have a significant impact on company performance. While the ability of the organization, by using the mediating role of competitive advantage has a significant effect on the performance of the company, but the ability of the organization does not have a significant direct effect on the company's performance. And for the mediation itself (competitive advantage) has a significant influence on the dependent variable (organizational performance).   Keywords: Core Competence; Competitive Advantage;Organizational Resources; Organizational Capability; Organizational Performance
Integrated Marketing Communications Strategy: Studi Kasus Public Relations Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada Pengguanaan Media Cetak dan Media Elektronik Erwita, Monica Adjeng; Chandra, Riny; Amilia, Suri
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.165

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai studi kasus public relations Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya pada penggunaan media cetak dan media elektronik. Public Relations merupakan garda depan untuk menginformasikan nilai-nilai institusi kepada publik. Nilai institusi ini terwujud dalam raihan prestasi dan inovasi yang telah dicapai oleh civitas akademika. Peranan public relations menjadi sangat penting untuk menyebarkan nilai-nilai tersebut melalui media cetak dan media elektronik, yang memiliki jangkauan tak terbatas. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif eksploratif yang dilakukan dengan tujuan untuk: 1) Mengidentifikasi proses kegiatan promosi dalam ranah public relations; 2) Mengidentifikasi efektivitas integrated marketing communications strategy menggunakan media cetak dan media elektronik. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah public relations UKWMS melakukan aktivitas kehumasan dengan melakukan proses penyebaran press release, media relations, dan press conference. Aktivitas tersebut merupakan proses kegiatan promosi yang dilakukan dalam ranah public relations. Untuk penghitungan efektivitas, dihasilkan kriteria press release dengan relevansi efektivitas 97,2%, media relations dengan relevansi efektivitas 80%, press conference dengan relevansi efektivitas 100%. Jadi, rata-rata relevansi efektivitas aktivitas public relations bagi publik eksternal yaitu media cetak dan media elektronik memiliki persentase sejumlah 92,4%.   Keyword: integrated marketing communications strategy, promotion, public relations, mass media
Analisis Pengaruh Buyer-Supplier Relationship terhadap Kualitas dan Total Biaya barang direct pada Perusahaan Dealer Alat Berat: Studi Kasus pada PT. X Amanda, Lucya; Anwar, Rosiwarna
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.166

Abstract

PT. X ialah salah satu dealer alat berat terbesar didunia yang berlokasi di Indonesia. Tantangan bagi PT. X pada saat ini adalah bagaimana memastikan bahwa barang-barang Direct memiliki supply management yang dapat diandalkan. Terutama dalam mengadakan barang-barang direct yang berkualitas dan dengan total biaya perolehan yang minimal. Sebab sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penjualan (dealership) kualitas barang dituntut untuk baik dan juga biaya perolehan barang hendaknya minimal agar PT. X mendapatkan keleluasaan dalam pengambilan marjin penjualan. Pada saat ini gejala yang ditemukan adalah adanya keluhan dari user (enjinir) yang memesan barang direct, yang menyatakan bahwa barang tersebut sering terdapat defect (cacat) ataupun spesifikasi yang dipesan tidak sesuai dengan yang diminta. Jumlah retur  juga semakin meningkat atas barang-barang direct tersebut. Berdasarkan studi literatur dan jurnal, salah satu usaha untuk meningkatkan kualitas barang dan menurunkan total biaya perolehan adalah dengan membina buyer-supplier relationship. Hal ini sesuai dengan karakterisik perusahaan dealership  yaitu dapat berusaha untuk meningkatkan kualitas dengan cara meningkatkan aspek diluar sisi produksi fisik barang tersebut seperti dari sisi relasi dengan pemasoknya. Oleh sebab itu, akan diteliti lebih lanjut pengaruh antara buyer-supplier relationship dengan kualitas dan total biaya perolehan barang demi meningkatkan supply management yang baik bagi PT. X. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan pengolahan data menggunakan regresi linear serta secara kualitatif dengan melakukan interview kepada pihak-pihak terkait penelitian ini.   Kata Kunci: Supply Management, Buyer-supplier relationship, Kualitas, Total Biaya, Regresi linear
Akurasi Pengukuran Financial Distress Menggunakan Metode Springate dan Zmijewski pada Perusahaan Property dan Real Estate di Bursa Efek Indonesia Periode 2013-2015 Sari, Eka Ratna; Yulianto, Mochamad Rizal
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.167

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui akurasi model Springate dan model Zmijewski dalam memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan property dan real estate di Indonesia, untuk mengetahui model prediksi Springate yang paling akurat dalam memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan property dan real estate di Indonesia, dan untuk mengetahui model prediksi model Zmijewski yang paling akurat dalam memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan property dan real estate di Indonesia. Penelitian ini membandingkan dua model prediksi financial distress, yaitu model Springate dan Zmijewski. Populasi penelitian ini menggunakan laporan keuangan perusahaan property dan real estate di Bursa Efek Indonesia periode 2013-2015. Teknik pengambilan sampel menggunakan pair matching sampling dengan total sampel yang didapat sebanyak 18 perusahaan, terdiri dari 9 perusahaan mengalami financial distress dan 9 perusahaan tidak mengalami financial  distress. Perbandingan dari kedua model prediksi  financial distress ini dibuat dengan menganalisis akurasi masing-masing model bedasarkan kondisi real perusahaan. Hasilnya menunjukkan bahwa model Zmijewski adalah model yang paling akurat untuk memprediksi kondisi financial distress pada perusahaan property dan real estate di Indonesia karena memiliki tingkat akurasi tertinggi dibandingkan dengan model lainnya, yaitu 100%, sedangkan model Springate hanya memiliki tingkat akurasi sebesar 66,66%.   Keywords:  Financial Distress, Springate, Zmijewski.
Pengaruh Brand Ambassador, Brand Personality Dan Korean Wave Terhadap Keputusan Pembelian Produk Nature Republic Aloe Vera Sagia, Ayu; Situmorang, Syafrizal Helmi
Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia Vol 5 No 2 (2018): Jurnal Manajemen Bisnis Indonesia - Edisi Februari 2018
Publisher : Forum Manajemen Indonesia (FMI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (25.398 KB) | DOI: 10.31843/jmbi.v5i2.168

Abstract

This study aims to determine the impact of Brand Ambassador, Brand Personality and Korean Wave toward Purchase Decision Nature Republic Aloe Vera skincare product in the Faculty of Culture University Sumatera Utara. This research is associative research and the type of data used is quantitative data. The population of this research is students in the Faculty of culture University Sumatera Utara. The sample in this study amounted to 92 respondent. The technique used is multiple linear regressions. The results of this study showed that Brand Ambassador, Brand Personality and Korean Wave simultaneously, significantly influence towards purchase decision Nature Republic Aloe Vera skincare product in the Faculty of Culture University Sumatera Utara. Partially, Brand Ambassador has a positive and significant effect to purchase decision, Brand Personality has a positive and significant effect to purchase decision, Korean Wave has a positive and significant effect to purchase decision Nature Republic Aloe Vera skincare product in the Faculty of Culture University Sumatera Utara.   Keywords: Brand Ambassador, Brand Personality, Korean Wave, Purchase Decision

Page 1 of 19 | Total Record : 190