Jurnal Ilmu Komunikasi
Vol 2, No 2 (2010): Jurnal Ilmu Komunikasi

Rekonstruksi Gaya Hidup & Identitas Remaja Urban Dalam Model Sandal "Crocs"

Febriyanti, M.Med.Kom, Syafrida Nurrachmi (Progdi Ilmu Komunikasi FISIP UPN Veteran Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
10 Apr 2012

Abstract

Masa Remaja adalah masa yang penuh dengan permasalahan, penuh dengan tekanan dan sangat mudah untuk di pengaruhi oleh lingkungan sekitarnya. Remaja merasa sudah saatnya untuk mencari identitas baru. Maka remaja akan menggunakan segala cara untuk dapat memenuhi upayanya membentuk status baru. Tren penciptaan identitas sosial ternyata tidak hanya terfokus pada pakaian dan gaya rambut tetapi sudah mewabah hingga ke alas kaki. Sebagian remaja menghiasi kakinya dengan sandal besar, berwarna-warni dengan harga mahal. CROCS, itulah merek dari sandal dan sepatu yang sedang menjamur di Indonesia, terutama kota-kota besar termasuk Surabaya. CROCS telah berhasil menciptakan identitas baru bagi remaja di perkotaan melalui inovasi yang ‘out of the box’ sehingga begitu menancap dalam benak konsumen remaja dan level harganya yang sangat tinggi sehingga mampu dijadikan ukuran status sosial seorang remaja yang sedang mencari identitas diri Internet berperan cukup penting dalam mempromosikan merek CROCS melalui berbagai forum, mailinglist, blog hingga jejaringan sosial yang lainnya. Sehingga meskipun di Indonesia CROCS tidak muncul di media elektronik (TV & Radio) dan sangat jarang pula beriklan di media cetak namun peminat CROCS terus meningkat dari waktu ke waktu

Copyrights © 2010