PAX HUMANA
Vol 7, No 1 (2020)

Perempuan, Berkarya di Keluarga dan Masyarakat

Birmanti Setia Utami (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Penerjemahan makna konotasi iklan telah banyak dilakukan dari sudut pandang sosiologi, komunikasi maupun gender, padahal iklan juga bekerja dalam wilayah pikiran manusia melalui persepsi yang mempengaruhi pikiran bahkan perilaku manusia. Penelitian ini bertujuan membongkar makna konotasi dalam iklan televisi Bebelac 3 versi Everyday is Mother’s Day menggunakan metodologi kualitatif dengan pendekatan semiotika, desain komunikasi visual, komunikasi dan psikologi dalam konteks gaya hidup dan budaya yang berkembang dalam masyarakat Indonesia, terutama yang berkaitan dengan perempuan sebagai anggota masyarakat. Analisis iklan televisi produk Bebelac 3 versi Everyday is Mother’s Day menunjukkan adanya kekuatan perempuan secara psikologis untuk memampukan dirinya melakukan multitugas dan multiperan secara seimbang dalam masyarakat. Keseimbangan peran perempuan di sektor domestik dan publik tidak hanya didukung oleh faktor eksternal, yaitu dukungan dan penerimaan oleh keluarga dan masyarakat, tetapi secara internal, dari dalam dirinya, perempuan didukung oleh faktor psikologis yang dimilikinya. Substansi penelitian ini memberikan acuan bagi penelitian mengenai peran perempuan dalam masyarakat dan perkembangan psikologis yang  memampukan perempuan untuk melakukan multiperan dengan seimbang dalam kehidupan pribadi maupun sosialnya.Kata-kata Kunci: semiotika, periklanan, iklan televisi Bebelac 3, perempuan

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ph

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Pax Humana adalah Jurnal Humaniora Yayasan Bina Darma yang terbit dua kali dalam satu tahun (Juni dan Desember). Jurnal ini hadir sebagai wadah pencerahan dan pemberdaya masyarakat atas dasar kasih dan ...