Jurnal Informatika
Vol 7, No 2 (2020): September 2020

Penerapan Konsep Finite State Automata Pada Aplikasi Simulasi Vending Machine Jamu Tradisional

Erni Erni (STMIK Nusa Mandiri)
Fakihotun Titiani (STMIK Nusa Mandiri)
Sukmawati Anggraeni Putri (STMIK Nusa Mandiri)
Windu Gata (STMIK Nusa Mandiri)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Otomata adalah mesin abstrak yang dapat mengenali, menerima,  atau me’mbangkitkan sebuah kalimat dalam bahasa tertentu yang di dalamnya terdapat sebuah kajian tentang Finite State Automata yang dapat diimplementasikan dalam rancangan sebuah Vending Machine. Vending Machine di Indonesia banyak beroperasi dengan produk seperti makanan ringan, minuman, rokok, tiket, kopi,  produk konsumen, bahkan emas. Dalam penelitian ini, akan diuraikan mengenai aplikasi simulasi Vending Machine jamu tradisional, berdasarkan implementasi Finite State Automata. Kesimpulan yang didapat dalam penelitian ini yaitu Finite State Automata dapat dijadikan sebagai logika dasar untuk membuat simulasi Vending Machine. Penelitian ini juga mengusulkan penggunaan state yang lebih sedikit, penggunaan uang kertas sebagai input dan kembalian untuk meningkatkan efisiensi dan biaya desain Vending Machine.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

ji

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Jurnal Informatika respects all researchers Technology and Information field as a part spirit of disseminating science resulting and community service that provides download journal articles for free, both nationally and internationally. The editorial welcomes innovative manuscripts from Technology ...