Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen
Vol 4, No 2 (2020): September 2020

Strategi Pemasaran Komunitas Pedagang Berbasis Online Dan Personalisasi Pemasaran Terhadap Kinerja Pemasaran

Taat Kuspriyono (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Abstrak - Belanja online semakin diminati oleh berbagai kalangan karena berbagai kemudahan yang diberikan baik dalam bertransaksi maupun keamanan. Masing-masing pedagang e-commerce saling memberikan bonus ataupun diskon untuk menarik minat pelanggan. Untuk membangun kerjasama tim serta sharing berbagai pengalaman terkait dengan penjualan tidak jarang banyak pedagang online yang membentuk suatu komunitas. Bahkan keuntungan lain yang didapatkan oleh pedagang online adalah dapat melakukan strategi pemasaran secara personalisasi. Strategi personalisasi ini dinilai cukup efektif dalam mencari konsumen  berdasarkan pesan yang dikirimkan oleh pedagang kepada konsumen. Namun pada dasarnya semua hal yang dilakukan tersebut dilakukan untuk meningkatkan hasil penjulanan. Jumlah hasil penjualan dapat dilihat dari kinerja pemasaran yang dilakukan. Melalui kinerja tersebut dapat diketahui sampai sejauh mana kinerja pedagang dalam memasarkan barang. Dalam hal ini pedangan merupakan seorang yang berperan akif dalam penjualan. Dengan sistem personalisasi pemasaran pedagang dapat memperkirakan barang yang dibutuhkan oleh konsumen. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner. Data kuesioner yang telah diisi oleh konsumen  diolah dengan menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran komunitas pedangang online dan personaliaasi pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap kinerja pemasaran. Kata Kunci : Komunitas Online, Personalisasi Pemasaran, Kinerja PemasaranAbstract - Online shopping is increasingly in demand by various groups because of the various conveniences provided both in transactions and security. Each e-commerce merchant gives each other bonuses or discounts to attract customers. To form teamwork and share various experiences related to sales, it is not uncommon for many online merchants to form a community. In fact, another advantage gained by online merchants is being able to personalize marketing strategies. This personalized style is considered quite effective in finding consumers based on messages sent by merchants to consumers. But basically all of the things done are done to improve the results of selling. The amount of sales can be seen from the marketing performance carried out. Through this performance can be known to what extent the performance of traders in marketing goods. In this case the sword is a person who plays an active role in sales. With a marketing personalization system the merchant can estimate the goods needed by consumers. The method used in this study uses quantitative methods by collecting data through questionnaires. Questionnaire data that has been filled out by consumers will be processed using SPSS software. The results of the study showed that the online marketing strategy of the online community and marketing personnel simultaneously affected the marketing performance.Keywords: Online Community, Marketing Personalization, Marketing Performance

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyacipta

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Widyacipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen dipublikasi mulai tahun 2017 dengan P-ISSN: 2550-0805 E-ISSN: 2550-0791 memuat tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual, kajian, aplikasi teori, studi kepustakaan, dan hasil penelitian yang mempunyai fokus pada perkembangan manajemen, sosial, ...