Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen
Vol 4, No 2 (2020): September 2020

Strategi Peningkatan Kinerja dengan Metode Balanced Scorecard (Studi Kasus pada Hotel Puri Khatulistiwa)

Muhammad Ardi Nupi Hasyim (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)
Hanny Novindaning Tyas (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)
I Gede Putu Brahmantta Bismahogra Budiswara (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)
Isni Tazkiatul Ulla (Institut Manajemen Koperasi Indonesia)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja Hotel Puri Khatulistiwa. Metode analisis yang digunakan adalah dengan Balanced Scorecard yang dilihat melalui 4 perspektif. Berdasarkan analisis kinerja yang telah didapat dengan menggunakan metode Balanced Scorecard, maka diperoleh kesimpulan : (1) Perspektif proses bisnis internal yaitu inovasi adalah baik dengan adanya inovasi – inovasi bisnis yang dijalankan. (2) Perspektif pembelajaran dan bertumbuh adalah dengan mengukur kepuasan karyawan, retensi karyawan, dan kemampuan sistem informasi. Kepuasan karyawan diperoleh 7,55% dikategorikan baik, retensi karyawan cukup baik, dan kemampuan sistem informasi diperoleh 1,6% dikategorikan baik. (3) Perspektif pelanggan adalah dilihat dari hasil penyebaran kuesioner karakteristik responden dan kepuasan pelanggan menunjukan pelanggan puas terhadap pelayanan Hotel Puri Khatulistiwa.. (4) Perspektif keuangan adalah baik dilihat dari beberapa aspek yang telah dijelaskan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyacipta

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Widyacipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen dipublikasi mulai tahun 2017 dengan P-ISSN: 2550-0805 E-ISSN: 2550-0791 memuat tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual, kajian, aplikasi teori, studi kepustakaan, dan hasil penelitian yang mempunyai fokus pada perkembangan manajemen, sosial, ...