Abstrak- Berbelanja secara online tidak hanya diminati oleh kalangan remaja ataupun anak muda, namun juga dari berbagai kalangan bahkan orang tua. Banyaknya situs belanja online yang menyediakan kemudahan dan berbagai fasilitas membuat berbagai kalangan memilih untuk untuk berbelanja di dunia maya ini. Dengan banyaknya situs belanja online yang baru tentunya membuat para penjual melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan penjualan seperti salah satunya dengan membangun manajemen relasi antar komunitas penjual online. Diharapkan dengan adanya komunitas penjual online ini masing-masing penjual dapat saling berbagi dan berinteraksi antar penjual sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Hal lain yang dapat dilakukan oleh penjual dalam meningkatkan penjualan seperti melibatkan konsumen agar aktif terlibat dalam penjualan produk. Peran serta konsumen dalam hal ini seperti salah satunya dapat mereview pembelian produk tersebut sehingga dapat menarik pembeli. Namun pada dasarnya manajemen relasi komunitas dan kerterlibatan konsumen tersebut dilakukan terhadap strategi pemasaran bump & upsell. Oleh sebab itu untuk membuktikan hal tersebut maka peneli melakukan penelitian ini dengan metode penelitian kuantitatif dengan proses pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner lalu diolah dengan analisis interprestasi dari sofware SPSS. Hasil penelitian ini menujukkan masing-masing variabel yakni manajemen relasi komunitas online berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran bump & upsell. Sementara itu untuk variabel keterlibatan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran bump & upsell.
Copyrights © 2020