Widya Cipta : Jurnal Sekretari dan Manajemen
Vol 4, No 2 (2020): September 2020

ANALISIS PENGARUH MANAJEMEN RELASI KOMUNITAS ONLINE DAN KETERLIBATAN KONSUMEN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN BUMP & UPSELL

Ana Ramadhayanti (Universitas Bina Sarana Informatika)
Rini Martiwi (Universitas Bina Sarana Informatika)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2020

Abstract

Abstrak- Berbelanja secara online tidak hanya diminati oleh kalangan remaja ataupun anak muda, namun juga dari berbagai kalangan bahkan orang tua. Banyaknya situs belanja online yang menyediakan kemudahan dan berbagai fasilitas membuat berbagai kalangan memilih untuk untuk berbelanja di dunia maya ini. Dengan banyaknya situs belanja online yang baru tentunya membuat para penjual melakukan berbagai usaha untuk meningkatkan penjualan seperti salah satunya dengan membangun manajemen relasi antar komunitas penjual online. Diharapkan dengan adanya komunitas penjual online ini masing-masing penjual dapat saling berbagi dan berinteraksi antar penjual sehingga diharapkan dapat meningkatkan penjualan. Hal lain yang dapat dilakukan oleh penjual dalam meningkatkan penjualan seperti melibatkan konsumen agar aktif terlibat dalam penjualan produk. Peran serta konsumen dalam hal ini seperti salah satunya dapat mereview pembelian produk tersebut sehingga dapat menarik pembeli. Namun pada dasarnya manajemen relasi komunitas dan kerterlibatan konsumen tersebut dilakukan terhadap strategi pemasaran bump & upsell. Oleh sebab itu untuk membuktikan hal tersebut maka peneli melakukan penelitian ini dengan metode penelitian kuantitatif dengan proses pengumpulan data dengan menyebarkan kuesioner lalu diolah dengan analisis interprestasi dari sofware SPSS. Hasil penelitian ini menujukkan masing-masing variabel yakni manajemen relasi komunitas online berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap strategi pemasaran bump & upsell. Sementara itu untuk variabel keterlibatan konsumen memiliki pengaruh yang positif dan signifikan  terhadap strategi pemasaran bump & upsell.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

widyacipta

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Social Sciences

Description

Widyacipta: Jurnal Sekretari dan Manajemen dipublikasi mulai tahun 2017 dengan P-ISSN: 2550-0805 E-ISSN: 2550-0791 memuat tulisan ilmiah tentang gagasan konseptual, kajian, aplikasi teori, studi kepustakaan, dan hasil penelitian yang mempunyai fokus pada perkembangan manajemen, sosial, ...