Perspektif : Jurnal Ekonomi dan Manajemen Universitas Bina Sarana Informatika
Vol 18, No 2 (2020): September 2020

Studi Kepuasan Pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang

Sugiharti, Rr Retno (Unknown)
Muliastuti, Kinanti Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Sep 2020

Abstract

Abstrak  - Dalam pemberian pelayanan kepada pelanggan, aspek kepuasan adalah aspek yang penting untuk mengukur kepuasan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui indikator atau faktor apa saja yang memiliki kontribusi tinggi dalam survey kepuasan pelanggan di BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang. Aspek kepuasan untuk megukur kepuasan pelanggan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aspek pelayanan umum, aspek pelayanan fasilitas, aspek pelayanan jaminan, aspek pelayanan administratif, dan aspek biaya. Metode analisis yang digunakan adalah Confirmatory Factor Analysis (CFA) Second Order. Metode ini digunakan untuk mengkonfirmasi ­besaran kekuatan masing-masing aspek kepuasan pelanggan dan dalam pengolahannya dilakukan menggunakan software AMOS V.24. Data penelitian ini dikumpulkan dari 100 responden peserta BPJS Ketenagakerjaan Kacab Magelang. Hasil analisis dari penelitian ini adalah melihat adanya kontribusi tertinggi tiap indicator yaitu pelayanan umum dengan prosedur penerimaan dilayani secara cepat dan tidak berbelit-belit, variabel pelayanan fasilitas dengan taman yang tertata rapi, variabel pelayanan administratif dengan pelayanan administrasi cepat dan tepat, dan variabel biaya pemberian jaminan yang sesuai. Kata Kunci: kepuasan pelanggan, Confirmatory Factor Analysis

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

perspektif

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Perspektif pertama kali diterbitkan pada tahun 2013. Jurnal ini dimaksudkan sebagai media kajian ilmiah hasil penelitian, pemikiran dan kajian analisis kritis mengenai penelitian di Bidang Ilmu Sistem Informasi, Manajemen dan Ekonomi. Jurnal Perspektif menerbitkan 2 (dua) jurnal dalam setiap ...