Madaniyah: Terciptanya Insan Akademis Berkualitas Dan Berakhlak Mulia
Vol 10 No 2 (2020): 10 (2) Edisi Agustus 2020

Konsep Pendidikan Dakwah NU

Imam Mahasin Adli (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)
Puji Dwi Darmoko (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)
Mustofa Kamal (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalang)



Article Info

Publish Date
24 Aug 2020

Abstract

Seorang muslim wajib menyampaikan ajaran Islam kepada manusia, khususnya ulama yang memiliki kapasitas keilmuan. Namun, agar dakwah cepat menyebar luas, perlu dikemas konsep dakwah dalam bingkai organisasi sehingga dakwah berjalan secara terstruktur, seperti halnya kesuksesan organisasi Nahdlatul Ulama (NU) yang didirikan dalam rangka menyebarkan ajaran Islam di Indonesia dalam wajah Islam rahmatan lil’alamin. Obyek material dalam kajian ini adalah konsep pendidikan dakwah yang dilakukan oleh NU dalam penyebaran ajaran agama Islam. Metode penelitian menggunakan metode kualitatif dengan jenis library research, yang mencari dasar penelitian lewat literatur teks buku. Kajian ini diharapkan dapat mengetahui Konsep Pendidikan Dakwah menurut NU serta mengetahui relevansinya terhadap Gerakan dakwah NU di masyarakat. Hasilnya adalah konsep pendidikan dakwah yang dilakukan NU memiliki beberapa cara, diataranya yaitu pembentukan Badan Otonom (Banom) dan Lembaga serta membuat tingkatan kepengurusan dan fungsi pengurus. Sedangkan gerakan dakwah yang dilakukan oleh NU di Masyarakat memiliki beberapa bentuk, diantaranya melakukan kaderisasi dakwah lewat kegiatan di pesantren, masjid serta kegiatan yang dilakukan oleh Banom, sedangkan wujud dakwah NU di masyarakat yakni lewat pengajian yang diisi dengan berbagai paham Islam ahlu sunnah wal jama’ah dan lewat kerjasama dengan lembaga lain.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

madaniyah

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Madaniyah merupakan salah satu jurnal ilmiah dari STIT Pemalang yang memiliki fokus kajian tentang pendidikan, sosial dan keagamaan. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang berkembang. Jurnal ini ...