Jurnal Berkala Kesehatan
Vol 6, No 1 (2020): JURNAL BERKALA KESEHATAN

Faktor Kontekstual Pemanfaatan Pelayanan Antenatal Care di Indonesia

Dian Ayu Puspitasari (Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat)
Omas Bulan Samosir (Program Studi Magister Ekonomi Kependudukan dan Ketenagakerjaan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
30 Jul 2020

Abstract

Tingkat kematian ibu yang tinggi seringkali dikaitkan dengan pemeriksaan kehamilan (antenatal care) yang tidak memadai. Pemanfaatan layanan ANC oleh wanita hamil di Indonesia menunjukkan variasi antar provinsi yang diduga dipengaruhi oleh faktor kontekstual yang melekat pada tiap-tiap provinsi. Penelitian ini bertujuan mempelajari faktor kontekstual pada level provinsi yang berhubungan dengan pemanfaatan pelayanan antenatal care pada level individu. Data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia tahun 2017 digunakan sebagai data pada level individu, sedangkan pada level kontekstual menggunakan data sekunder dari berbagai publikasi. Metode regresi logistik multilevel digunakan untuk menguji hipotesis bahwa faktor kontekstual pada level provinsi berhubungan dengan pemanfaatan layanan antenatal care pada level individu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa selain faktor individu, faktor komunitas dimana individu tersebut tinggal juga berhubungan dengan perilaku ibu dalam memanfaatkan pelayanan antenatal care selama kehamilan. Konteks regional yang berhubungan kuat dengan pemanfaatan pelayanan antenatal care adalah persentase penduduk miskin di daerah tersebut. Tinggal di daerah yang tingkat kemiskinannya tinggi akan mengurangi kecenderungan wanita untuk melakukan pemeriksaan kehamilan. Oleh karena itu, untuk meningkatkan pemanfaatan pelayanan antenatal care serta mengurangi kesenjangan antardaerah, intervensi yang dapat dilakukan adalah dengan program pengurangan kemiskinan yang lebih difokuskan pada daerah dengan tingkat kemiskinan yang masih cukup tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

berkala-kesehatan

Publisher

Subject

Public Health

Description

Jurnal Berkala Kesehatan is a journal published by the Master Program of Public Health Sciences at Lambung Mangkurat University. This journal is published in frequency 2 times a year, ie in May and November. This journal contains public health science research texts, review of research results, new ...