Altruis: Journal of Community Services
Vol 1, No 1 (2020): Altruis

Pendampingan Soft Skill Pada Siswa-Siswi SMK Muhammadiyah 2 Malang

Anwar, Zainul (Unknown)
'Azizah, Annisa' Taqiyyatul (Unknown)
Fikriyati, Alya (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Mar 2020

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan yang mempersiapkan  peserta didik untuk dapat bekerja dalam  bidang tertentu dengan keahlian tertentu sesuai dengan kejuruannya. Siswa – siswi SMK memang disiapkan untuk dapat langsung terjun di dunia kerja. Dunia kerja percaya bahwa sumber daya manusia yang unggul adalah mereka yang tidak hanya memiliki kemahiran hard skills saja tetapi juga memiliki soft skills yang baik. Dunia pendidikan pun mengungkapkan bahwa berdasarkan penelitian di Harvard University Amerika Serikat ternyata kesuksesan seseorang tidak ditentukan semata-mata oleh pengetahuan dan kemampuan teknis (hard skills) saja, tetapi lebih oleh kemampuan mengelola diri dan orang lain (soft skills). Penelitian ini mengungkapkan, bahwa kesuksesan  hanya ditentukan sekitar 20% oleh hard skills dan sisanya 80% oleh soft skills. Subjek dalam kegiatan ini adalah siswa-siswi SMK Muhammadiyah 2 Tlogomas Malang dengan tujuan untuk mengembangkan soft skill siswa-siswi SMK.  Metode yang digunakan berupa pendampingan dengan beberapa kegiatan, yaitu asesmen, pelatihan, dan konseling individual. Hasil dari pengabdian ini menggambarkan bahwa siswa-siswi SMK sangat tertarik dengan adanya pendampingan  soft skills dan melalui kegiatan  ini siswa – siswi dapat mengetahui potensi (soft skills) yang mereka miliki sehingga membantunya dapat lebih mudah untuk mengoptimalkan soft skills-nya.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

altruis

Publisher

Subject

Humanities Environmental Science Public Health Other

Description

The scope of Altruis is community service reports dealing with social issues in our community, ranging from educational, political, economical and cultural ...