Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 9 No. 2 (2015): JPPI

MEDIA PEMBELAJARAN IPS INTERAKTIF

Luthfi Fatihatul Hidayah (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh permasalahan dalam pembelajaran yang menjenuhkan dan kurang diminati oleh peserta didik. Pembelajaran IPS yang kaya dengan materi membutuhkan cara penyampaian yang lebih interaktif. Media pembelajaran merupakan salah satu solusi untuk menciptakan pembelajaran interaktif. Pengembangan media berbasis Macromediaflash Player dengan model penelitian dan pengembangan sugiyono, yang meliputi  pengumpulan data, desain media, validasi media dan uji media. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player yang layak serta menghasilakan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash Player yang efektif digunakan dalam proses pembelajaran IPS kelas VIII.Rancangan penelitian dan pengembangan di lakukan dengan anlisis kebutuhan, kemudian validasi media yang meliputi 3 ahli media yaitu Ahli Materi 76,7 % , ahli Media 91,1%, dan ahli Pembelajaran 85%. Maka  terdapat perbedaan yang signifikan dalam penerapan pembelajaran antara menggunakan media berbasis Macromediaflash Player pembelajaran terhadap hasil belajar IPS (thitung = 11,594 > t tabel = 1,701, pada taraf signifikan 5%).

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...