cover
Contact Name
Engelbertus Kukuh W
Contact Email
jppi@unikama.ac.id
Phone
+62341-801488
Journal Mail Official
jppi@unikama.ac.id
Editorial Address
Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang Jl. S. Supriadi No. 48 Malang (65148) Telp. (0341) 801488 (ext 230) e-mail: jppi@unikama.ac.id
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
ISSN : 18584985     EISSN : 27218821     DOI : https://doi.org/10.21067
Core Subject : Education,
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali dalam setahun, setiap artikel yang terbit akan melalui tahapan peer-review. JPPI diterbitkan oleh Program Pascasarjana S-2, Universitas Kanjuruhan Malang. JPPI menerima manuskrip hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah yang mencakup: School and Education Management, School Leadership, Social Studies Learning, Teaching Students with Special Education, Culture and Multicultural Society, Civic Education, Character Building Education, IPS Education Curriculum, serta bidang terkait lainnya.
Articles 145 Documents
PENGARUH PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS V DI SDN GUGUS SEKOLAH LUMBANG KABUPATEN PASURUAN Radi Radi
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Abstrak Pada ilmu pengetahuan sosial kajian persoalan-persoalan kehidupan sosial kemasyarakatan yang bersifat praktis sangat berguna bagi siswa sekolah dasar untuk hidup dan kehidupannya masa kini dan masa yang akan datang. Dengan harapan siswa ini nantinya dapat menyadari dan memahami bahwa dia tidak hidup sendirian, tetapi hidup di lingkungan yang luas, jika ingin hidup yang layak. Masalah berikutnya terkait dengan pemilihan dan pendekatan pembelajaran, yang belum banyak menimbulkan keaktifan dan kreatifitas siswa. Hal ini karena masih sering menggunakan pendekatan konvensional, yang pembelajaranya terpusat pada guru, sehingga siswanya menjadi pasif. Jika pembelajarannya dapat mengaktifkan siswa, maka akan menarik dan materi yang banyak tadi bisa secara cepat diserap oleh siswa. Karena mereka antuas, mau belajar dengan sungguh-sungguh. Berangkat dari masalah di atas maka kami tertarik untuk menerapkan model pembelajaran kontekstual yang dipandang dapat membantu siswa aktif dalam kegiatan belajar dan mengajar. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh pemebelajaran kontekstual terhadap prestasi belajar llmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui adanya pengaruh minat belajar siswa terhadap prestasi belajar llmu Pengetahuan Sosial. Untuk mengetahui adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan minat belajar siswa secara secara simulltan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan tahun pelajaran 2016-2017.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada populasi atau sampel tertentu, pengumpulan data menggunakan instrumen penelitian, analisis data bersifat kuantitatif/statistik, dengan tujuan untuk menguji hipotesis yang telah ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh pembelajaran kontekstual dan minat belajar siswa secara simultan terhadap prestasi belajar siswa kelas IV SDN lumbang I Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Persepsi siswa tentang model pembelajaran kontekstual mempunyai sumbangan yang efektif lebih besar daripada minat belajar siswa terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran IPS terpadu meskipun belum secara maksimal sepenuhnya. Kata Kunci: Pembelajaran Kontestual, Minat belajar Siswa dan Prestasi Belajar Siswa Abstract The study "Effects of Contextual Learning Implementation and Interest Student Learning Achievement Terhahadap Science Class V SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan in the academic year 2016-2017." In social science study of the problems of social life that is practically very useful for school students basis for life and the life of the present and the future. With hope these students will be able to realize and understand that she does not live alone, but living in a spacious environment, if you want a decent life. The next issue related to the selection and learning approach, which has not generated a lot of activity and creativity of students. This is because they often use the conventional approach, which pembelajaranya centered on the teacher, so that students become passive. If learning can enable students, it will be interesting and a lot of material that had to be quickly absorbed by the students. Because they antuas, willing to learn in earnest. Departing from the above problems then we are interested to apply contextual learning model which is seen to help students actively in learning and teaching activities. The purpose of this study was to determine how the contextual pemebelajaran influence on the learning achievement of Social Sciences. To determine the influence of student interest towards learning achievement of Social Sciences. To determine the influence of contextual learning and students' learning interest in simulltan on student achievement grade IV SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan in the academic year 2016-2017. The method used in this research is a quantitative method that is based on the philosophy of positivism, is used to examine the population or a particular sample, data collection using research instruments, quantitative data analysis / statistics, with the aim to test the hypothesis that has been set. The results showed the influence of contextual learning and student interest simultaneously on student achievement grade IV SDN I Sub Lumbang Lumbang Pasuruan. Students' perceptions about contextual learning model has an effective contribution is greater than the interest of student learning to the student achievement in social studies though not optimally integrated fully. Keywords: Learning Kontestual, Interest in learning Students and Student Achievement
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING, MEDIA PEMBELAJARAN POWER POINT DAN PRESTASI BELAJAR Ria Yusfita Ernawati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

The study aimed to observe the Influence of Learning Model Discovery Learning and Learning Media Power Point to the Student Achievement of Social Science 5th Grade Student at SDN 1 Banjarjo, Pudak, Ponorogo. The study used population all  students of class V SDN 1 Banjarjo, Pudak, Ponorogo totaling 30 students. But only 30 students was taken as sample, using total sampling technique. The instrument used was questionnaires. The Results of evaluator analysis and assay statistic proves that the naught hypothesis (Ho) refused and the alternative hypothesis (Ha) is accepted. This study means that the partial application of learning models Discovery learning and Learning Media Power Point have a significant effect on Student Achievement of Social Sciences, with tcount respectively 3.782 and 0.888 is greater than ttable which is 2.042 and 0.662. The statistical analysis also result that simultaneous application of learning models Discovery learning and Learning Media Power Point have a significant effect on Student Achievement of Social Sciences, with Fcount 7.621 greater than Ftable which is 3.34. beside of that from bifiliar linear regression evaluator is known that the application of Discovery learning as learning model and Power Point as Learning Media have a significant influence on student learning achievement in social studies, with the Rvalue of 0.601 with constant coefficient of 63.115. It is concluded that there is significant influence between the application of Discovery learning as learning model and Power point as Learning Media on the Student Achievement of Social Sciences 5th grade students at SDN 1 Banjarjo, Pudak, Ponorogo.
PERAN BUDAYA KARAPAN KERBAU DALAM MEREKATKAN HUBUNGAN SOSIAL MASYARAKAT DESA JOTANG BERU KECAMATAN EMPANG KABUPATEN SUMBAWA BESAR-NTB (STUDI DESKRIPTIF ANALISIS TERHADAP PENGEMBANGAN NILAI-NILAI BUDAYA PENDIDIKAN IPS) Hari Wijaya
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan : (1) Bagaimana Pelaksanaan Karapan Kerbau di Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. (2) Bagaimana Bentuk-bentuk Kerekatan Sosial Masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. (3) Nilai-nilai apa saja dalam Karapan Kerbau yang Merekatkan Hubungan Sosial Masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. (4) Bagaimana Peran Nilai dalam Merekatkan Hubungan Sosial Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB. Penelitian ini menggunakan metode etnografi dengan bentuk antropologitentang perilaku alami dalam sebuah budaya atau seluruh kelompok sosial. Dengan lokasi penelitian yaitu Desa Jotang Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa Besar-NTB, Jenis data dalam penelitian ini menggunakan data kualitatif dan sumber data, yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Instrument dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara dan pengamatan langsung di lapangan. Teknik pengumpulan data mengunakan : 1) Observasi, 2) Wawancara dan 3) Studi dokumen dan pustaka, dan teks yang berkaitan dengan budaya karapan kerbau. Analisis data menggunakan model analisis interaktif melalui perumusan masalah, pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan Triangulasi sumber, Audit trail, Peerdebreefing, Member Chek, dan Perpanjang Pengamatan. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa : (1) Pelaksanaan karapan kerbau di Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB meliputi : 1) Pelaksanaan, 2) Waktu Pelaksanaan, 3) Tempat Pelaksanaan, 4) Peserta, 5). Peralatan dan Perlengkapan, meliputi : a. Sepasang Kerbau, b. Noga, c. Kareng, d. Mangkar, e. Saka, f. Tiang Panjang, g. Bendera, h) Sanro Saka dan Sanro Kebo, i) Pengukuran Waktu. 6) Aturan Permainan dan 7) Hadiah. (2) Bentuk-bentuk kerekatan sosial masyarakat Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB antara lain sebagai berikut : a) Kerja sama, b) kepercayaan, c) gotong royong dan d) kebersamaan yang terdapat dalam budaya karapan kerbau. (3) Nilia-nilai keeratan sosial yang merekat pada karapan kerbau adalah nilai kerja sama, nilai persaingan, nilai ketertiban dan nilai sportivitas. (4) Peran nilai dalam merekatkan hubungan sosial Desa Jotang Beru Kecamatan Empang Kabupaten Sumbawa-NTB adalah nilai Sebagai Pedoman berprilaku, nilai sebagai kontrol sosial dan nilai sebagai pelindung sosial. . Kata Kunci : Peran Budaya, Karapan Kerbau dan Hubungan Sosial
PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ADAPTIF DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR PKn (Studi Pada : Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Kalipare Tahun Pelajaran 2016 – 2017) Sugeng Giyanto
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Adaptif dan Penggunaan Internet Terhadap Prestasi Belajar PKn di SMP Negeri 1 Kalipare Kabupaten Malang” yaitu penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Adaptif dan penggunaan Internet terhadap prestasi belajar Siswa SMP Negeri 1 Kalipare, suatu model pembelajaran yang melibatkan siswa sebagai pusat pembelajaran. Metode pembelajaran Adaptif pada penelitian ini, merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran dari gabungan beberapa metode pembelajaran yang terdiri dari Apel Kelas, Diskusi antar Kelompok, Presentasi tanpa Teks, dan Positif Reinforcement (Penguatan Positif). Berdasarkan hasil pengujian beda rata-rata dengan kruskal Wallis dapat diketahui bahwa nilai signifikansinya adalah 0,000 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima sehingga terdapat perbedaan signifikan rata-rata post test prestasi belajar PKn antara siswa yang mendapatkan penerapan metode pembelajaran adaptif, siswa yang menggunakan internet dan metode konvensional (ceramah dan tanya jawab) pada siswa SMP Negeri 1 Kalipare Nilai rata-rata tertinggi adalah pada kelompok eksperimen 1 yaitu metode adaptif yaitu sebesar 80,55 sedangkan rata-rata eksperimen 2 yaitu metode penggunaan internet menempati urutan kedua yaitu sebesar 77,09 sedangkan yang paling rendah nilai rata-ratanya adalah kelompok kontrol, yaitu metode konvensional, yaitu sebesar 63,30. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Penggunaan metode Adaptif dan Penggunaan Internet dapat meningkatkan prestasi belajar PKn siswa SMP Negeri 1 Kalipare. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Adaptif, Penggunaan Internet dan Prestasi Belajar PKn
PENGEMBANGAN MODUL IPS SUBTEMA MASA PRAAKSARA UNTUK MEWUJUDKAN KEMAMPUAN LITERASI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN I2M3 SISWA KELAS VII MTs NEGERI POHJENTREK Aidy Fitry
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul yang valid sesuai teori, menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul yang praktis dan efektif dalam pembelajaran IPS di MTs Negeri Pohjentrek, menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul pada mata pelajaran IPS yang dapat meningkatkan kemampuan literasi siswa, menghasilkan bahan ajar yang berbentuk modul pada mata pelajaran IPS yang dapat menciptakan pembelajaran yang interakif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik (I2M3) pada siswa kelas VII MTs Negeri Pohjentrek. Hasil yang diperoleh dalam Pengembangan modul IPS, Berdasarkan kebutuhan Siswa dan Guru, modul yang diinginkan yaitu Modul IPS praktis dengan kajian materi sederhana dan dapat mengajak siswa belajar dengan aktif serta dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan. Modul IPS tidak hanya bersifat tekstual, namun juga buku yang menyajikan gambar menarik yang dapat minat baca siswa serta memudahkan anak memahami materi serta memiliki lembar kegiatan yang mengajak siswa yang aktif dan kreatif, yang dapat mengajak siswa untuk mengembangkan kemampuan literasi dan juga dapat memberikan pembelajaran I2M3.
PENGARUH PENERAPAN METODE PETA KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS VII SMP NEGERI 2 GONDANGWETAN KABUPATEN PASURUAN Ratna Yuniawati
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran IPS saat ini masih didominasi oleh metode konvensional (ceramah) dan selama ini guru hanya berupaya mengembangkan dan menguji daya ingat peserta didik. Sedangkan kemampuan berfikir rasional dan kreatif kurang diaktifkan. Pengembangan kemampuan berfikir kritis dan kreatif terhambat oleh kemampuan mengingat. Dalam rangka mencapai hasil belajar IPS yang komprehensif diperlukan berbagai macam strategi, termasuk strategi yang belum banyak dilakukan oleh guru yaitu strategi pembelajaran dengan peta konsep (Concep Mapping). Dengan membuat peta konsep diharapkan dapat mempermudah penguasaan terhadap kompetensi pembelajaran IPS. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan metode peta konsep dan motivasi belajar terhadap hasil belajar IPS. Untuk menganalisis pengaruh penerapan metode peta konsep terhadap hasil belajar dan untuk menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian penelitian korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk menemukan ada atau tidaknya hubungan antara 2 variabel atau lebih dan apabila ada, seberapa eratnya hubungan serta berarti atau tidak hubungan itu.Populasi penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 2 Gondangwetan berjumlah 179 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 179 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan regresi ganda dengan bantuan komputer SPSS versi 18.00 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) ada pengaruh yang signifikan penerapan metode peta konsep dan motivasi belajar siswa secara simultan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Gondangwetan Pasuruan, (2) ada pengaruh yang signifikan penerapan metode peta konsep terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Gondangwetan Pasuruan, (3) ada pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMPN 2 Gondangwetan Pasuruan Kata kunci: Metode PetaKonsep, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar
MUATAN NILAI-NILAI KARAKTER PADABUKU TEKS PELAJARAN ILMUPENGETAHUAN SOSIAL TERPADU KELAS II SEKOLAH DASAR Moh. Tohir; Sa’dun Akbar; Sujito Sujito
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) muatan nilai-nilai karakter yang terdapat pada tujuan, uraian materi, soal latihan/penugasan, dan uji kompetensi (2) relevansi/konsistensi nilai-nilai karakter antara fokus pengembangan nilai-nilai karakter dengan bagian-bagian buku yang terdapat pada buku teks pelajaran ilmu pengetahuan sosial terpadu kelas II sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan rancangan analisis konten yang dilaksanakan melalui tiga tahap analisis (1) analisis pra lapangan (2) analisis selama di lapangan; yaitu (a) reduksi data; (b) pengumpulan data; (c) penentuan sampel; (d) pencatatan; (e) penarikan kesimpulan; dan (f) mendeskripsikan hasil penelitian (3) analisis selesai di lapangan; yaitu (a) analisis domain (b) analisis taksonomi (c) analisis komponensial (d) analisis tema. Untuk pengecekan temuan dilakukan dengan cara : (1) perpanjangan keikutsertaan, (2) ketekunan pengamatan (3) triagulasi (4) pengecekan sejawat (5) kajian kasus negatif (6) pengecekan anggoota (7) uraian rinci (8) audit kebergantungan. Sumber data dalam penelitian ini adalah Buku Teks Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu Kelas II Sekolah Dasar terbitan Erlangga Karya Tim Bina Karya Guru yang terdiri dari enam bab, sedangkan obyeknya adalah muatan nilai-nilai yang terkandung dalam seluruh bagian buku. Instrumen pengumpulan data menggunakan rubrik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) buku teks pelajaran IPS terpadu dalam setiap bab mengandung muatan nilai-nilai karakter dengan jumlah yang bervariasi dan persebaran kurang merata, bahkan nilai karakter tersebut ada yang tidak muncul (2) ditemukan nilai-nilai karakter yang tidak sesuai dengan UU no 20 tahun 2003; (3) teknik penyajian nilai-nilai karakter yang relevan/konsisten dan tidak relevan/konsisten antara fokus pengembangan nilai-nilai karakter dengan bagian-bagian buku dengan cara: (a) pengungkapan dan pengintegrasian nilai-nilai karakter dengan menggunakan lagu, cerita, dan drama untuk memunculkan nilai-nilai karakter; (c) mengubah hal-hal negatif menjadi positif; serta (d) melakukan praktik lapangan untuk memunculkan nilai-nilai karakter. Kata Kunci: Nilai-nilai karakter, Buku teks, IPS, Sekolah Dasar.
PENGARUH PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS MACROMEDIA FLASH 8 DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR IPS (Studi Pada Siswa Kelas VII MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan) Iflakhah Iflakhah
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 2 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya metode pembelajaran Macromedia Flash 8 dalam meningkatkan semangat belajar sehingga siswa dapat meningkatkan prestasi di sekolah terutama dalam pelajaran IPS, karena nilai IPS siswa tergolong rendah. Oleh karena itu penting adanya metode pembelajaran yang menarik siswa untuk tidak bosan belajar IPS yaitu penggunaan multimediainteraktif berbasis macromedia flash 8. Guru juga harus memberikan motivasi dalam meningkatkan dan mendorong siswa untuk terus belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh secara bersama penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS, Untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 terhadap prestasi belajar IPS, Untuk menganalisis pengaruh pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar IPS(studi pada siswa kelas VII MTs Negeri Bangil Kabupaten Pasuruan). Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari jawaban responden atas kuisioner yang digunakan dalam penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII-G, VII-H, VII-I dan VII-J sebanyak 144 siswa. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 64 siswa secara acak mengambil sampel 16 siswa dari masing-masing kelas tersebut. Metode analisis data menggunakan Analisis Regresi Berganda, Uji Normalitas Data, Uji linieritas, Uji Multikolinieritas dan Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan multimedia interaktif berbasis macromedia flash 8 dan motivasi belajar berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa MTs Negeri Bangil Kab. Pasuruan khususnya mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Variabel penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasimemiliki nilai determinasi yang cukuptinggi terhadap prestasi siswayaitu sebesar 52,3%. Hal ini mengindikasikan bahwavariabel bebas dalam penelitian ini merupakan faktor yang sangat penting dalam meningkatkan prestasi siswa MTs Negeri Bangil Kab.Pasuruan. Determinasi variabel penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasi sebesar 52,3% dan sisanya sebesar 47,7% dipengaruhi oleh variabel bebas yang lain diluar variabel yang diteliti, karena pada dasarnya masih banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam meningkatkan prestasi belajar siswa selain penggunaan multimedia interaktif macromedia flash 8 dan motivasi. Kata kunci: macromedia flash 8, motivasi belajar, prestasi siswa.
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR, KEPERCAYAAN DIRI, DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN GEOGRAFI SISWA PROGRAM IPS DI MAN 3 MALANG Mishad Mishad
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Dalam proses belajarnya peserta didik atau siswa menghadapi berbagai faktor, diantaranya adalah faktor kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya  pengaruh secara parsial (sendiri-sendiri) atau simultan (bersama-sama) antara kebiasaan belajar, kepercayaan diri dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa program IPS di MAN 3 Malang.Populasi sekaligus sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program IPS MAN 3 Malang yang tinggal bersama orang tua mereka, atau tidak kos dan tidak tinggal di ma’had MAN 3 malang yang berjumlah 84 siswa. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kebiasaan belajar, kepercayaan diri, dan lingkungan keluarga  terhadap hasil belajar mata pelajaran geografi siswa program IPS di MAN 3 Malang, dengan nilai F hitung 10,209. Variabel kebiasaan belajar berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,280. Variabel kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,552. Variabel kepercayaan diri berpengaruh terhadap hasil belajar dengan t hitung 2,583.
PERBEDAAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE DENGAN COMPLETTE SENTENCE SISWA SDN 1 BLEMBEM KABUPATEN PONOROGO Boniran Boniran
Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI
Publisher : Direktorat Pascasarjana Universitas PGRI Kanjuruhan Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian “Perbedaan Hasil Belajar IPS Melalui Metode Picture And Picture Dengan Complette Sentence Siswa SDN 1 Blembem” yaitu penelitian yang berorientasi pada siswa, dan dapat melibatkan siswa secara aktif, yaitu suatu model pembelajaran dengan bentuk kelompok dengan metode yang interaktif, yang melakukan pemusatan pada pengajaran dan kerjasama antar siswa. Model tersebut adalah model pembelajaran kooperatif dengan metodenya Picture And Picture dan Complette Sentence yang mana bisa membantu siswa dalam mempelajari materi IPS serta memberikan kemudahan dalam memahami isi materi tentunya pada siswa kelas IV SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar IPS melalui metode picture and picture dengan complette sentence. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode true eksperimen dengan dasain posttest-only control design. Populasi penelitian yaitu seluruh siswa SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon dengan jumlah 263 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan hasil belajar IPS siswa melalui metode picture and picture dengan complette sentence di SDN 1 Blembem Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Perbedaan ini menunjukkan metode picture and picture lebih unggul dibandingkan dengan complette sentence, dikarenakan kondisi siswa SD yang masih suka dengan keterlibatan gambar dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran kooperatif dengan metode picture and picture dan complette sentence sebagai tipe kegiatan pembelajaran yang perlu ditingkatkan secara terus menerus sejalan dengan perkembangan zaman. Oleh sebab itu, diperlukan penelitian yang mendalam tentang hal tersebut agar upaya pengembangan dapat tepat sasaran dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Sedangkan untuk metode picture and picture mempunyai keunggulan dengan adanya keterlibatan gambar. Selain itu guru juga perlu meningkatkan kemampuannya dalam menguasai berbagai metode seperti metode picture and picture dan complette sentence agar tercipta proses pembelajaran yang efektif.

Page 1 of 15 | Total Record : 145