Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 9 No. 2 (2015): JPPI

PENGARUH PERHATIAN ORANG TUA DAN KEDISIPLINAN SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN IPS

Eka Sulistyo Rini (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh perhatian orang tua dan kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS Siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo baik secara parsial maupun bersama-sama. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional. Variabel penelitian meliputi dua variabel bebas perhatian orang tua (X1), dan kedisiplinan siswa (X2), sedang variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Dari analisis statistik untuk perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo diperoleh hasil perhitungan harga r = 0,246 > r tabel (5%) = 0,0672, dan dari uji t diperoleh nilai probabilitas sebesar 0,027. Dari hasil analisis statistik kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo diperoleh hasil perhitungan harga r =    0,447 > r table (5%) = 0,066, sedangkan dari uji t diperoleh nilai probabilitas untuk kedisiplinan siswa 0,000. Sedangkan Dari analisis regresi ganda diketahui koefisien korelasi sebesar 0,465 dengan memperhatikan F hitung sebesar 10.743 yang lebih besar daripada harga kritik F dalam table yaitu 2,29 berarti pengaruh secara bersama-sama  kedisiplinan siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran IPS siswa SD Negeri Selogudig Wetan I Kecamatan Pajarakan Kabupaten Probolinggo  adalah signifikan.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...