Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 9 No. 2 (2015): JPPI

PENGARUH PERAN ORANG TUA DAN KEMAMPUAN MENGAJAR GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Musholli Jannah (Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Program Pasca Sarjana Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
24 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis pangaruh secara parsial dan bersama peran orang tua dan kemampuan guru dalam mengajar terhadap prestasi belajar siswa di MA Mirqatul Ulum Liprak Kulon Banyuanyar Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan teknik korelasional.Variabel penelitian meliputi dua variabel bebas yaitu peran orang tua (X1), dan kemampuan guru dalam mengajar (X2), sedang variabel terikat adalah prestasi belajar siswa (Y). Hasil penelitian menunujkkan bahwa: 1) hasil analisis data dengan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,296 dengan signifikan 0,005. Angka 0,005 ini lebih kecil dari alpha sebesar 0,05, 2) hasil analisis data dengan uji-t diperoleh koefisien korelasi sebesar 0,962 dengan signifikan 0,007. Angka 0,007 ini lebih kecil dari alpha sebesar 0,05. Artinya X2 memiliki pengaruh yang signifikan terhadap Y, dan 3) nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,640 yang berarti bahwa variabel bebas yaitu peran orang tua (X1), kemampuan guru dalam mengajar (X2) mampu menjelaskan variabel terikat prestasi siswa (Y) sebesar 64 % sedangkan sisanya sebesar 36 % dijelaskan oleh variabel lain di luar model. Dari hal tersebut menunjukkan bahwa variabel bebas dengan variabel terikat mempunyai pengaruh yang kuat.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...