Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 11 No. 1 (2017): JPPI

MENARIKNYA PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DAPAT MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN IPS SISWA SDN 1 GAJAH PONOROGO

Prapto Prapto (Unknown)
Pieter Sahertian (Unknown)
Andista Priyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2017

Abstract

Pemanfaatan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam pembangunan nasional,  merupakan usaha peningkatan kualitas sumber daya manusia, peningkatan kualitas sumber daya manusia dapat dilakukan melalui pendidikan non formal dan formal. Sekolah-sekolah mempunyai tugas berat dalam meningkatkan kualitas pendidikan adalah dengan cara mencari model pembelajaran yang menyenangkan dan tidak membuat siswa-siswa mejadi bosan dengan materi yang disajikan. Jika siswa-siswa merasa senang dalam menerima materi akan dengan sendirinya mereka akan semakin termotivasi dalam belajar. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan sebagai berikut: (1) untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Picture and Picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo, (2) untuk mengetahui apakah motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo, (3) untuk mengetahui apakah bersama-sama penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo. Populasi penelitian ini adalah siswa SDN 1 Gajah Ponorogo dengan mengambil sampel siswa kelas V sejumlah 30 siswa dan melihat subyek penelitian dengan jumlah dengan jumlah relatif cukup (30 siswa), maka sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling jenuh, dengan demikian besarnya sampel ditetapkan 30 orang siswa. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: (1) Penggunaan model pembelajaran Picture adn Picture mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo, (2) Motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN Gajah Ponorogo, (3) Secara bersama-sama penggunaan model pembelajaran Picture and Picture dan motivasi belajar mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS siswa SDN 1 Gajah Ponorogo.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...