Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS
Vol. 12 No. 1 (2018): APRIL

Kepemimpinan Kepala Sekolah Dan Budaya Organisasi Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan

I Nyoman Sujana (Universitas Kanjuruhan Malang)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2020

Abstract

Tujuan penelitian: (1) Mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan SD Negeri Gugus I Balinggi (2) Mengetahui apakah ada pengaruh Budaya Organisasi terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan SD Negeri Gugus I Balinggi (3) Mengetahui apakah ada pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Budaya Organisasi secara Simultan Terhadap Peningkatan Mutu Pendidikan SD Negeri Gugus I Balinggi Penelitian iniadalah penelitian terapan.Teknik pengumpulan databerupa dokumentasi dan angket. Analisis yang digunakan analisis regresi sederhana dan analisis ganda.Populasi dalam penelitian ini adalah guru- guru SD Negeri Gugus I Balinggi(SD Inp. 3 Suli, SD inp. 1Balinggi, SD Negeri 2 Tolai danSD Negeri 3Tolai)berjumlah 55 orang. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap peningkatan mutu pendidikan SD Negeri Gugus I Balinggi, dilihat dari nilai sig pada tabel coefficients sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 5% (0,05), demikian pula diperoleh thitung sebesar 4,298. Dibandingkan dengan ttabel sebesar 2,048 pada taraf signifikasi 5% maka thitung lebih besar dari ttabel. (2) terdapat pengaruh budaya organisasi terhadap peningkatan mutu pendidikan SD Negeri Gugus I Balinggi, dilihat dari nilai sig pada tabel coefficients adalah sebesar 0,014 lebih kecil dari probabilitas 5% (0,05),demikian pula diperoleh t hitung ( 2,609 ) lebih besar dari t tabel (2,048). (3) Terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan budaya organisasi secara simultan terhadap peningkatan mutu pendidikan SD Negeri Gugus 1 Balinggi, dilihat dari nilai sig pada tabel anova adalah sebesar 0,000 lebih kecil dari probabilitas 5% (0,05).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

JPPI

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS adalah open access jurnal, dimaksudkan untuk mendesiminasikan hasil-hasil penelitian dan pemikiran ilmiah sebagai wadah pengembangan konsep, teori, serta aplikasinya yang berkontribusi terhadap pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Indonesia. JPPI terbit dua kali ...