Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban
Vol 3 No 1 (2017)

PENGARUH KARAKTERISTIK TUJUAN ANGGARAN TERHADAP KINERJA PEJABAT PEMERINTAH DAERAH (Studi Kasus Pemerintahan Kota Makassar)

Muttiarni Muttiarni (Unknown)
Muhammad Akram (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jul 2017

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruhKarakteristik Tujuan Anggaran terhadap Kinerja Pejabat PemerintahDaerah Kota Makassar. Teknik pengambilan sampel dalam penelitianini menggunakan purposive sampling.Metode ini dipilih karena sampel dipilih berdasarkan kriteriaPejabat Pemerintah Daerah yang memegang jabatan di tingkat bawahdan menengah serta pejabat yang berwenang berarti pejabat yangmemiliki kegiatan penganggaran dan sekaligus sebagai eksekutifanggaran dan penanganan staf dalam penyusunan anggaran. Sampelyang diolah dalam penelitian ini sebanyak 50 sampel dan diolahmenggunakan program SPSS untuk menguji hipotesis.Penelitian ini menemukan bahwa dari lima variabelKarakteristik Tujuan Anggaran, tiga variabel (partisipasi, kejelasantujuan, umpan balik) berpengaruh secara signifikan terhadap KinerjaPejabat Pemerintah Daerah di Kota Makassar, sedangkan evaluasianggaran variabel tidak signifikan terhadap Kinerja PejabatPemerintah Daerah Kota Makassar .Kata kunci: Karakteristik Tujuan Anggaran terhadap Kinerja PejabatPemerintah Daerah.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

jiap

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban adalah jurnal yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun yakni pada bulan Juni dan Desember oleh Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar. Jurnal Ilmiah Akuntansi Peradaban yang terbit sejak 2015 ini mengkaji ...