Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa
Vol 8, No 2 (2020): Jurnal Hospitality dan Manajemen Jasa

MOTIVASI WISATAWAN DALAM MEMILIH BALI SEBAGAI DESTINASI WELLNESS TOURISM DAN PENGARUHNYA TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI

Clarissa Nathania (Unknown)
Karina Eugenia Tjahyadi (Unknown)
Sienny Thio (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2020

Abstract

ABSTRAKWellness tourism adalah segmen pariwisata yang sedang berkembang dan bertumbuh pesat di banyak daerah termasuk Bali, Indonesia. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana faktor dorongan dan tarikan dari motivasi wisatawan mempengaruhi minat berkunjung kembali wisatawan untuk melakukan wellness tourism di Bali. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kausal. Data yang diperoleh dari 100 responden dianalisis menggunakan PLS 3.0. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penarik memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan untuk melakukan wellness tourism di Bali, sedangkan faktor pendorong memiliki pengaruh yang tidak signifikan terhadap minat berkunjung kembali wisatawan untuk melakukan wellness tourism di Bali.Kata Kunci: Wellness Tourism, Motivasi Wisatawan, Push Factors, Pull Factors, Minat Berkunjung KembaliABSTRACTWellness tourism is an up and coming tourism segment that is growing rapidly in many countries including Bali, Indonesia. This research was conducted to find out how push and pull factors of tourist motivation affect revisit intention of tourists for doing wellness tourism in Bali. This research uses quantitative methods with causal design. Data collected from 100 respondents were analyzed using PLS 3.0. Findings of this research shows that pull factors have a positive and significant effect to revisit intention of wellness tourism in Bali, meanwhile push factors have insignificant effect to revisit intention of wellness tourism in Bali.Keywords: Wellness Tourism, Tourists’ Motivation, Push Factors, Pull Factors, Revisit Intention

Copyrights © 2020