Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Vol 1 No 2 (2018): Jurnal Sains dan Edukasi Sains

Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation Berbantuan Media Gambar terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Soe

Matheos J Takaeb (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Soe)
Ferdinandus Mone (Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Soe)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2018

Abstract

Proses pembelajaran di SMP Negeri 3 Soe, masih menerapkan pembelajaran yang bersifat teacher center, serta kurangnya fasilitas belajar IPA. Hasil 75% siswa belum mencapai KKM (kriteria ketuntasan minimum), maka dari itu dilakukan penelitian tentang pengaruh model pembelajaran Group Investigation (GI) berbantuan media gambar terhadap prestasi belajar siswa. Penelitian ini mengambil sampel kelas VIII1 sebagai kelas kontrol, dan kelas VIII2 sebagai kelas eksperimen. Sebelum diberikan model GI pada kelas eksperimen dilakukan uji kesamaan rata-rata untuk mengetahui kemampuan awal kedua sampel tersebut. Hasil kesamaan uji rata-rata berdasarkan analisis SPSS, menggunakan independen sample t-test menunjukan nilai signifikan 0,45>0.05 dan uji homogenitas menunjukan bahwa 0,847>0.05 yang berarti sebaran data antara dua kelompok sampel sama secara statistik. Dengan demikian, kedua kelas tersebut dapat dilaksanakan penelitian dengan penerapan model GI pada kelas eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah one sample t-test untuk mengetahui ketuntasan belajar siswa. Independen sample t-test untuk mengetahui rata-rata prestasi siswa pada kelas eksperimen apabila dibandingkan kelas kontrol. Paired sample t-test untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa setelah diberikan model GI. Uji regresi untuk mengetahui pengaruh model GI terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil uji ketuntasan menunjukan nilai t-hitung 14.877> t tabel 1.76131. diketahui juga, bahwa uji ketuntasan individual menunjukan nilai sig 0.000<0.005 sehingga hipotesis diterima. Artinya rata-rata prestasi siswa melampaui KKM yang ditetapkan yaitu 70. Hasil uji peningkatan rata-rata prestasi kelas eksperimen menunjukan Nilai sig < 0,05 sehingga ada perbedaan antara kelas control dan kelas eksperimen yakni (52,58) dan sesudah perlakuan (86,55).

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

juses

Publisher

Subject

Education Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

The Jurnal Sains dan Edukasi Sains (JuSES) is open access and peer-reviewed journal publishing in Indonesian. It aims to publish academic articles such as original articles and review articles of conceptual, experimental, theoretical, and applied in the field of Mathematics and Natural Sciences from ...