Abstrak: Dewasa ini banyak guru yang menerapkan keterampilan membuka dan menutup pelajaran belum optimal. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, pelaaksanaan keterampilan membuka dan menutup pelajaran ada beberapa indikator yang tidak diterapkan oleh guru PKn yaitu memperhatikan minat siswa, menimbulkan rasa ingin tahu, mengemukakan konsep yang bertentangan, mendemonstrasikan keterampilan, aplikasi konsep pada konteks lain, mengekspresikan pendapat sendiri, percobaan dan kunjungan lapangan. Hambatan yang dihadapai guru PKn yaitu masalah perbedaan minat siswa, keterbatasan waktu, ketidakberanian siswa untuk mengemukakan pendapat, dan keterbatasan media informasi, sehingga upaya untuk mengatasinya yaitu variasi media, penambahan jumlah jam pelajaran PKn, memberikan hadiah bagi siswa yang berani mengemukakan pendapat, memperbanyak literatur atau bahan ajar, serta pengadaan jaringan internet. Jadi penampilan guru PKn kelas VIIIA SMP Negeri 1 Siompu dalam mempraktikkan keterampilan membuka pelajaran menunjukkan kualitas sangat baik, sedangkan pada penerapan keterampilan menutup pelajaran menunjukkan kualitas cukup. Kata kunci: Keterampilan, Membuka dan Menutup, dan Pembelajaran PKn
Copyrights © 2017