SELAMI IPS
Vol 1, No 45 (2017): JURNAL SELAMI UHO 2017

KEMAMPUAN GURU-GURU EKONOMI DALAM MENYUSUN DAN MENGIMPLEMENTASIKAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (Suatu Tinjauan Kemampuan Guru-guru SMA di Sulawesi Tenggara)

Turi, laode (Unknown)
Murniati, Murniati (Unknown)
Abdullah, Muh Syafa (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2019

Abstract

Abstrak: Kemampuan Guru-guru Ekonomi dalam Menyusun dan Mengimplementasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Suatu Tinjauan Kemampuan Guru-guru SMA di Sulawesi Tenggara). Kemampuan guru dalam menyiapkan siswa untuk berprestasi seperti kemampuan menyusun persiapan mengajar  (RPP) yang mencakup perumusan SK, KD, Tujuan Instruksional, penyusunan tes pengukur keberhasilan (evaluasi), pemilihan materi mengajar, pemilihan model dan metode mengajar, pemilihan dan pengembangan media mengajar, merupakan masalah-masalah yang sangat penting, karena hal-hal tersebut akan menjadi pedoman guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalis: (1) kemampuan guru-guru ekonomi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) pada SMA di Sulawesi Tenggara, (2) Kemampuan guru-guru ekonomi dalam melaksanakan pembelajaran berdasarkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) yang telah disusun  pada SMA-SMA di Sulawesi Tenggara, dan (3) Pengaruh antara kemampuan guru-guru  ekonomi dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan kemampuan melaksaksanakan pembelajaran pada SMA-SMA di Sulawesi Tenggara  Penelitian ini termasuk  penelitian terapan, tingkat eksplanasi asosiatif dengan hubungan variabel kausal, dan jenis data kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian ini adalah semua guru SMA di Sulawesi Tenggara yang berjumlah 199 orang dengan sampel penelitian sebanyak 80 orang (40% dari populasi).Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) kemampuan guru-guru ekonomi di Sulawesi Tenggara dalam membuat  rencana pelaksanaan pembelajaran masih belum optimal atau dengan perkataan lain masih rendah, (2) kemampuan guru-guru ekonomi di Sulawesi Tenggara dalam melaksanakan pembelajaran juga belum optimal, belum direncanakan dengan baik, masih mengejar target penyelesaian kurikulum yang ada, dan (3) Hipotesis penelitian ini tidak diterima atau ditolak. Hal ini berarti bahwa kemampuan guru dalam merencanakan pelaksanaan pembelajaran tidak berpengaruh terhadap pelaksanaan pembelajaran ekonomi oleh SMA di Sulawesi Tenggara. Dengan demikian disarankan agar (a) kepala dinas pendidikan, pengawas dan para kepala sekolah SMA dapat mewajibkan para guru agar memilki kemampuan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), dan (b) diperlukan penelitian yang mendalam tentang hal yang berkaitan dengan kemampuan guru dalam menyusun satuan pelajaran   terhadap pelaksanan pembelajaran. Kata Kunci: Kemampuan Guru, perencaraan dan pengimplementasian Pembelajaran.

Copyrights © 2017






Journal Info

Abbrev

selami

Publisher

Subject

Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

Journal Description : SELAMI IPS ialah jurnal yang memberi perhatian pada masalah-masalah sosial budaya, ekonomi, pendidikan dan Humaniora terutama dalam kaitannya dengan pembangunan pendidikan nasional dan pengembangan berbagai aspek kehidupan di dalam masyarakat. SELAMI IPS merupakan jurnal ...