Pendidikan Anak Usia Dini pada hakekatnya adalah pendidikan yang diselenggarakan dengan tujuan memfasilitasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang mencakup aspek: kognitif, bahasa, sosial, emosi, fisik dan motorik. Penelitian ini bertujuan mengetahui perkembangan kognitif anak setelah mengenal bentuk geometri melalui pembelajaran media alam sekitar. Untuk menunjang keberhasilannya perlu ada usaha yang konkrit. Salah satunya menggunakan metode yang tepat yang dapat menarik perhatian anak. Penelitian dilakukan dengan menggunakan teknik penelitian tindakan (PTK) yang dilakukan beberapa siklus. Dalam penelitian ini, peneliti melakukan pengenalan bentuk geometri dengan menggunakan media berbahan alam sekitar. Kemudian, peneliti menemukan pratindakan yang menunjukan perkembangan belum optimal dengan presentase 20%, kemudian meningkat pada siklus 1 sebesar 27%, siklus ke 2 sebesar 56,%, dan siklus ke 3 sebesar 76,5%. Dari hasil tersebutditemukan pengembangan kognitif yang meningkat pada setiap siklusnya. Pengenalan bentuk geometri dengan media berbahan alam sekitar sebagai sumber belajar dapat dikatakan berhasil menunjang kemampuan kognitif. Berdasarkan penelitian ini disarankan agar para guru mampu menciptakan lingkungan pembelajaran yang variatif, kreatif dan menyenangkan bagi anak.
Copyrights © 2020